Cek 3 Bagian Ini Jika Roda Mobil Berisik

24/01/2018| Mobilmo.com

Saat mengendarai kendaraan kadangkala kita diharuskan mempercepat laju Mobil kita. Seperti misalnya saat berada di jalan tol dan jalan lainnya. Namun bagaimana jika saat menambah kecepatan terasa roda Mobil berisik atau muncul bunyi bergemuruh. Munculnya bunyi tersebut seperti berdengung atau muncul bunyi ngik-ngik layaknya Mobil tua. Memang hal tersebut bisa dibilang biasa jika terjadi masalah pada bagian kaki-kaki Mobil. Munculnya bunyi tersebut tentunya akan sangat mengganggu ketika berkendara. Oleh sebab itu harus segera melakukan pengecekan supaya dapat segera teratasi masalahnya. Jadi terdapat bagian-bagian yang memang perlu dilakukan pengecekan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.
  1. Laher roda
Pengecekan pertama yang bisa menjadikan roda Mobil berisik sehingga timbul bunyi yang tidak inginkan adalah bagian laher roda. Komponen ini sangat penting pada roda Mobil supaya dapat berputar dengan lancar. Apabila sudah ada yang pecah menyebabkan timbulnya suara berdengung atau gemuruh. Kadangkala jika kerusakan yang terjadi sangat parah bisa mengganggu laju kendaraan. Oleh sebab itu lakukan lah pengecekan, apabila mengalami kerusakan segera dilakukan pergantian dengan yang baru.

ban Mobil Anda. Jika terasa bergoyang atau oblak maka itu tandanya laher mengalami masalah. Namun jika tidak ada goyangan sedikitpun berarti kondisi laher masih bagus. Laher Mobil harganya memang cukup murah, namun untuk pergantiannya agak ribet karena harus mendongkrak dan melepaskan roda Mobil. Apabila terjadi masalah sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat. Namun jika Anda bisa menggantinya sendiri silahkan dilakukan dengan hati-hati.

  1. Karet penahan
Adapun pengecekan selanjutnya pada bagian karet penahan. Jika bagian ini mengalami masalah akan muncul bunyi ngik-ngik. Masalah pada karet penahan biasanya adalah aus yang mengakibatkan kondisi karet menjadi sangat kering. Untuk bagian ini jumlahnya banyak sehingga saat melakukan pengecekan harus satu persatu. Pada umumnya yang sering terkenal di dunia otomotif, karet penahan dikenal juga sebagai bushing.

  • Shock absorber
  • Yang terakhir dilakukan pengecekan adalah shock absorder. Roda Mobil berisik memang sangat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Namun ketika ingin melakukan pengecekan bagian tersebut, sebaiknya cek dahulu pada bagian karet supportnya. Karena bunyi yang timbul seperti gluduk-gluduk bisa jadi karena karet support yang sudah aus. Karet support sendiri yang memegang shock absorber sehingga bisa saja bagian ini yang rusak.

    International