Cara Mengatasi Karet Wiper Berbunyi Mencuit

28/10/2017 Mobilmo.com Perawatan mobil

Wiper merupakan salah satu komponen Mobil yang berfungsi sebagai pembersih. Adapun tugasnya adalah membersihkan kaca Mobil saat keadaan berdebu atau basah.

Wiper merupakan salah satu komponen Mobil yang berfungsi sebagai pembersih. Adapun tugasnya adalah membersihkan kaca Mobil saat keadaan berdebu atau basah. Dengan kondisi kaca Mobil yang selalu bersih tentu pandangan pengemudi akan fokus dan mampu berkonsentrasi secara penuh ketika mengemudikan mobilnya. Lantas bagaimana jika karet wiper berbunyi mencuit atau mendecit, tentu akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Jika tidak segera diatasi bisa menjadikan ketidaknyamanan saat mengemudi.

wiper berbunyi mencuit harus segera diatas. Kali ini akan diberikan beberapa cara untuk mengatasi atau menghilangkan bunyi berdecit pada karet wiper yang merupakan salah satu komponen yang memiliki manfaat bagi pengemudi.

Cara mengatasi karet wiper berbunyi mencuit atau berdecit

  1. Cek kondisi wiper

  • Men

    kondisi wiper dalam keadaan baik. Maka langkah selanjutnya untuk mengatasi wiper berbunyi mencuit adalah dengan membersihkan kaca Mobil. Terdapat beberapa bahan atau produk yang bisa dicoba, namun perlu diingatkan bahwa jangan dilakukan pencampuran. Cobalah satu persatu bahan ini, bahannya adalah Cuka, Soda Kue dangan ditaburkan pada tisu lembab dan Windex.

    1. Mengganti karet wiper secara teratur

  • Mengisi cairan penyemprot kaca
  • Melembutkan karet wiper
  • Memeriksa gagang dan rangkaian wiper
  • Mengganti wiper
  • wiper sudah rusak parah seperti bentuknya sudah tidak mengikuti kaca, maka itu tandanya harus menggantinya dengan yang baru. Jangan dipaksakan, karena bisa saja malah menggores kaca Mobil Anda.

    Tambahan yang perlu diwaspadai

    - Saat kaca Mobil membeku sebaiknya jangan menggunakan wiper. Hal tersebut dapat menggores karet wiper. - Jangan melakukan pemolesan kaca Mobil dengan menggunakan wax, hal tersebut mengakibatkan kaca menjadi sangat licin sehingga sangat sulit dalam melihat jalan ketika cuaca sedang tidak baik. - Pegangan wiper berbeda-beda tergantug pada jenis Mobil. - Hindari berdekatan dengan Mobil di depan ketika hujan. Hal tersebut dikarenakan cipratan dari arah depan yang mengenai kaca bisa saja terdapat kotoran atau benda lain yang merusak kaca Mobil ataupun wiper. - Hindari penggunakan detergen untuk pengisian cairan yang disemprotkan oleh wiper. Jika dilakukan maka karet wiper berbunyi mencuit.

    Mungkin anda ingin baca

    • Bersih-Bersih Kaca Mobil Menyenangkan, Lakukan Sambil Nunggu Buka Puasa

      Bersih-Bersih Kaca Mobil Menyenangkan, Lakukan Sambil Nunggu Buka Puasa

      19/05/2018

      Menunggu buka puasa, dari pada menganggur main gadget tak ada salahnya pemilik mobil melakukan hal positif ini biar tidak terasa lama, yaitu membersihkan kaca mobil. Ah, cuma membersihkan kaca mobil saja... Jangan salah, aktivitas satu ini kadang terabaikan sebab merasa tidak begitu penting atau kalah dengan kegiatan-kegiatan lain. Ingat-ingat kalau sudah mau dipakai, kaca kok buram, kok kotor dan sebagainya.

    • Tips Mengukur Tekanan Udara ideal Pada ban Mobil Tanpa Alat Khusus dan cara Merawatnya
      Perawatan mobil Abdul Kosim

      Tips Mengukur Tekanan Udara ideal Pada ban Mobil Tanpa Alat Khusus dan cara Merawatnya

      11/05/2018

      Sebentar lagi musim mudik akan segera tiba, bagi pemudik yang menggunakan Mobil pribadi sebaiknya memperhatikan kondisi kendaraanya supaya dapat sampai tujuan dengan aman dan nyaman. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi ban, seperti tekanan udara ideal pada ban Mobil agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

    • Waktu yang Tepat untuk Merawat Mobil Menjelang Lebaran
      Perawatan mobil Abdul Kosim

      Waktu yang Tepat untuk Merawat Mobil Menjelang Lebaran

      11/05/2018

      Bulan puasa hampir tiba dan ini tandanya akan menuju pada lebaran Idul Fitri. Biasanya saat lebaran akan merayakannya di kampung halaman bersama keluarga besar. Oleh sebab itu persiapan mudik dilakukan dengan matang agar dapat sampai tujuan dengan selamat. Perjalanan mudik dapat menggunakan Mobil pribadi ataupun transportasi umum. bagi pengguna kendaraan pribadi harus tahu waktu yang tepat untuk merawat Mobil.