Begini Perawatan Mobil Di Musim Hujan Bagi Pengendara

22/01/2018| Mobilmo.com

Perawatan Mobil di musim hujan memang sangat diperlukan. Mengingat Indonesia berada tepat di garis katulistiwa yang menjadikan Indonesia mempunyai curah hujan yang terbilang tinggi. Ditambah lagi bagi masyarakat yang tinggalnya di Daerah pegunungan ataupun dataran yang tinggi seperti Bogor atau Bandung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya hujan. Akan tetapi hal tersebut tidak masalah, karena Hujan merupakan salah satu keberkahan yang diturunkan oleh Tuhan YME. Jadi bagi Anda yang mempunyai Mobil hanya perlu melakukan perawatan Mobil di musim hujan dengan benar saja, supaya kondisinya tetap terjaga dan dalam kondisi maksimal. Selain itu bagi pengendara juga harus berhati-hati dalam mengendalikan kendaraannya, karena saat jalanan diguyur hujan maka kondisinya menjadi licin serta jarak pandang yang mulai menipis.

suspensi dilakukan untuk melakukan pengetesan apakah kondisi Mobil tetap prima saat melaju di jalan yang licin serta basah. Jika diperlukan Anda bisa membawanya ke bengkel langganan Anda guna melakukan pemeriksaan lebih jelas.

  1. Wiper
Selain itu melakukan pemeriksaan pada komponen wiper juga sangat diperlukan. Hal tersebut dikarenakan wiper merupakan salah satu komponen yang terbilang cukup penting apalagi di musim hujan. Oleh sebab itu periksa kondisi wiper karena kadangkala sistem penggerak pada komponen ini kadang responnya tidak bagus atau bisa saja karet wiper memerlukan pergantian.

  • Sistem pengapian
  • Pemeriksaan terhadap sistem pengapian juga diperlukan selain kedua hal di atas. Cek kondisi dari platina dan koil serta busi Mobil tetap dalam keadaan optimal dan bersih dari debu maupun kotoran. Cek juga kondisi elektroda apakah ada yang aus atau tidak, selain itu periksa juga kondisi sistem kelistrikan apakah ada yang basah atau tidak. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada korsleting saat Mobil dinyalakan.
    1. Sedia P3K
    Dinamo starter harus dipastikan kondisinya normal. Hal tersebut dikarenakan komponen ini merupakan yang pertama kali berfungsi saat Mobil akan dihidupkan. Jadi ketika setelah hujan Mobil Anda tidak bisa distarter maka bisa saja air hujan yang menjadikan kerusakan pada dinamo starter.
    1. Sedia P3K
    Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa tidak ada yang tahu apa yang akan menimpa di perjalanan. Oleh sebab itu sebagai langkah waspada adalah menyediakan P3K. Mengingat jalanan akan menjadi licin dan basah saat terjadi hujan.  

    International