Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras yang Perlu Diperhatikan

14/11/2017 | Mobilmo.com

Mempunyai Mobil dengan faktor kenyamanan yang lebih merupakan hal yang sangat diinginkan. Salah satu faktor yang mendukung rasa nyaman di dalam Mobil adalah suspensi yang empuk. Dengan menggunakan suspensi yang bagus menjadikan Mobil akan stabil saat melaju dalam berbagai medan seperti menikung atau menanjak. Namun bagaimana jika suspensi tersebut tidak baik, tentunya akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Lantas apa penyebab suspensi Mobil keras yang menjadikan kurang nyamannya Mobil. Jika suspensi Mobil yang Anda kendarai keras maka rasa nyaman yang dihasilkan tentunya tidak maksimal. Efeknya pun akan terasa tidak stabil saat melaju terutama saat dalam kecepatan yang cukup tinggi. Hal yang paling umum menjadi penyebab suspensi Mobil keras adalah cara mengemudi yang tidak berhati-hati saat Anda melintasi jalanan yang agak buruk.

mobilnya. Oleh sebab itulah pengemudi harus mengetahui penyebab suspensi Mobil menjadi keras, mari kita simak ulasan di bawah ini.

  1. Telah habis masa pakai
Adapun hal pertama yang menjadi penyebab suspensi Mobil keras adalah masa pakainya yang telah habis. Faktor ini merupakan hal yang kita anggap biasa, karena tiap barang atau benda pasti mempunyai masa pakai tersendiri. Kadangkala oli dalam suspensi juga bisa habis atau bisa saja terjadi kebocoran. Apabila ingin mengecek suspensi Mobil apakah bocor atau tidak, Anda bisa melihatnya pada suspensi tersebut. Untuk mengatasi kebocoran tersebut Anda bisa membawanya ke bengkel terpercaya. Pada umumnya jika telah habis masa pakai maka perlu dilakukan pergantian, akan tetapi lebih baiknya Anda bisa mengikuti petunjuk dari montir yang mengatasi Mobil Anda.

  • Mobil kerap lewat di jalan berlubang
  • Apabila Anda sering melewati jalan yang berlubang maka bisa saja itu menjadi penyebab suspensi Mobil keras atau kurang maksimal. Hal tersebut menjadikan suspensi Mobil bekerja lebih berat daripada biasanya. Sehingga menjadikan umur dari suspensi tersebut menjadi lebih cepat. Untuk Mobil hatchback atau sedan memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan Mobil MPV atau Mobil SUV. Jadi untuk menangani masalah tersebut Anda bisa melakukannya dengan berjalan pelan saat melintasi jalanan yang tidak rata atau tidak berlubang. Apabila Anda telah mengetahui jalur yang tidak bagus, maka lebih baik Anda memilih jalan lain. Hal tersebut bertujuan agar Mobil dan suspensi atau komponen lainnya menjadi lebih awet dan tahan lama.

  • Pemasangan Upper Mounting Tidak Tepat
  • Untuk penyebab suspensi Mobil keras selanjutnya adalah pemasangan upper mounting yang kurang tepat. Apabila pemasangannya kurang pas maka suspensi tidak berada ditempat semestinya, kadang geser sedikit. Apabila hal tersebut dibiarkan maka kinerjanya menjadi kurang maksimal sehingga suspensi Mobil menjadi keras. Jadi cek pada bagian upper mounting apakah posisinya sudah tepat atau tidak. Jadi saat mengemudi Mobil diharuskan untuk selalu berhati-hati. Apabila tidak dilakukan dengan cara yang benar maka akan terjaga kenyamanan serta keamanan pengemudi dan juga mobilnya. Dengan menjaga kondisi Mobil juga suspensinya memberikan  sesuatu yang lebih pada pemilik Mobil seperti berkurangnya pengeluaran dana. Bayangkan jika suspensi Mobil cepat rusak, maka tentunya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan guna memperbaikinya.