Ini Dia Penyebab Setir Mobil Bergetar Di Jalan Bergelombang

16/01/2018 | Mobilmo.com

Setir Mobil bergetar tentunya akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara, apalagi saat melewati jalanan yang rusak ataupun bergelombang. Bahkan jika pada saat dalam kecepatan tinggi dan setir Mobil bergetar akan sangat membahayakan. Namun kebanyakan orang masih belum paham akan penyebab setir Mobil bergetar ketika di jalanan yang rusak ataupun bergelombang. Nah bagi Anda yang masih tidak tahu, silahkan simak informasinya di bawah ini agar dapat meminimalisir terjadi hal tersebut.

  • Velg tidak sesuai dengan spek Mobil
  • Penyebab setir Mobil bergetar kedua adalah pada velg Mobil. Kebanyakan orang melakukan pergantian supaya tampilannya lebih sporty dan keren. Seperti misalnya menggunakan tapak lebar untuk mengikuti trend. Namun bukan berarti setiap Mobil dapat sesuai dengan hal tersebut, apabila pergantian velg tidak sesuai spesifikasi bisa menyebabkan setir Mobil bergetar dan Mobil seperti oleng ketika melewati jalanan yang kurang baik.
    1. Kaki-kaki Mobil ada yang aus
    Selanjutnya yang menjadi penyebab setir Mobil bergetar adalah terdapat komponen yang aus pada kaki-kaki Mobil. Adapun komponen tersebut meliputi ball joint, rakcsteer, tie rod, long tie rod dan lainnya. jadi jika merasakan setir bergetar dan Mobil agak bergoyang sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan pada bagian kaki-kaki Mobil. Apabila terdapat komponen yang mengalami kerusakan segera lakukan perbaikan supaya Mobil dapat berjalan normal kembali.
    1. Setelan racksteer yang terlalu longgar
    Kadangkala pemilik Mobil melakukan pengaturan pada bagian racksteer. Hal tersebut bertujuan supaya setir Mobil menjadi ringan, akan tetapi bila dalam mengaturnya terlalu banyak malah dapat mengakibatkan freeplay. Jika hal tersebut terjadi maka saat melewati jalanan rusak serta menggunakan kecepatan tinggi bisa terjadi getaran pada bagian setir dan kadang juga muncul bunyi dug-dug di bagian depan Mobil yang Anda kendarai. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pengaturan pada racksteer dengan baik dan benar.
    1. adanya masalah pada sistem pengereman
    Apabila setir bergetarnya tambah parah ketika melakukan pengereman, maka bisa saja kerusakan terjadi pada sistem pengereman Mobil. Oleh sebab itu jangan lupa melakukan pengecekan pada bagian disc brake atau sering disebut dengan piringan rem. Apabila mendapatinya dalam keadaan oleng atau oblak maka bisa dilakukan pergantian.

  • Ban dalam keadaan tidak rata atau benjol
  • Penyebab setir Mobil selanjutnya adalah permukaan ban tidak rata atau benjol. Hal tersebut biasanya terjadi karena Mobil sering melewati jalanan yang bergelombang dengan kecepatan tinggi. Jika hal tersebut dilakukan maka ban dapat terbentur lubang sehingga terjadilah ban benjol. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan mendongkrak Mobil dan putarlah dengan tangan, apakah ban Mobil berputar dengan semestinya atau oleng. Jika oleng maka segeralah membawanya ke bengkel langganan. Atau Anda bisa melakukan spooring dan balancing untuk dicek dan diperbaiki. Baca juga: Tips Membeli Mobil Di Pameran Supaya Untung Banyak
    1. Piringan rem Mobil tidak rata
    Adapun masalah selanjutnya yang bisa menyebabkan setir Mobil bergetar adalah piringan rem yang sudah tidak rata. Tentunya jika mengalami masalah tersebut dapat membuat setir Mobil bergetar, apalagi jika dilakukan pengereman kondisinya tambah parah. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa membawanya ke bengkel dan dilakukan pergantian dengan yang baru.
    1. Laher atau bearing sudah aus
    Jadi tidak hanya piringan dan komponen lain yang bisa mengalami kondisi aus. Laher atau bearing juga bisa mengalami keausan. Namun jika mengalami masalah ini getaran akan muncul ketika dilakukan pengereman. Bahkan getaran akan sangat terasa pada saat melintasi jalanan rusak dalam kecepatan tinggi. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan melakukan pergantian bearing atau laher.