Beberapa Alasan Tidak Boleh Pasang Rem Tangan Saat Macet

19/04/2018| Mobilmo.com

Mengendarai Mobil akan sangat menyenangkan jika jalanan yang dilalui dalam keadaan lancar. Dengan begitu pengemudi akan lebih tenang dan fokus ketika melihat jalan. Namun suasana tersebut biasanya berubah saat terjebak macet di jalan. Bisa saja pengemudi menggerutu, naik darah dan kadang juga berkata kasar. Namun yang perlu diperhatikan adalah, jangan pasang rem tangan saat macet pada saat berkendara.

Selain melakukan pengereman dengan menginjak pedal, terdapat alternatif lain yakni dengan rem tangan. Fungsinya adalah untuk mengunci Mobil saat sedang parkir. Akan tetapi kadang kala terdapat pengendara  keliru dalam menggunakan rem tangan. Larangan pasang rem tangan saat macet bertujuan untuk kenyamanan dan keamanan pengendara dan juga orang lain disekitarnya. Oleh sebab itu bagi pengemudi harus mengetahui dan memperhatikan cara penggunaan sistem pengereman dengan baik dan benar.

Tetap sabar saat menghadapi kemacetan

Banyak orang beralasan apabila menggunakan rem kaki maka bisa pegal saat terjadi kemacetan. Sebenarnya hal tersebut sudah resiko pengemudi, kalau siap berkendara juga harus siap untuk pegal kakinya. Jika pegal maka pinggirkan Mobil dan beristirahat sejenak.

Adapun alasan mengapa tidak boleh menggunakan rem tangan saat parkir bisa melihat informasinya di bawah ini.

Untuk alasan pertama mengapa tidak boleh menggunakan rem tangan ketika macet adalah kendaraan Anda sedang tidak kondisi parkir. Jadi saat terjebak macet Mobil hanya berhenti sebentar menunggu Mobil di depan untuk melajukan kendaraannya. Apabila Anda berniat untuk menggunakan rem tangan sebaiknya menepikan kendaraan barulah bisa bebas menggunakan rem tangan.

>>> Mungkin tertarik, Pahami Kesalahan Dalam menyalakan Lampu Hazard Yang Bisa Membahayakan

Adapun alasan kedua dilarang pasang rem tangan saat macet adalah berpotensi menimbulkan bahaya. Pada saat berkendara baik macet ataupun tidak, sangat diharapkan memiliki konsentrasi yang lebih. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada saat terjebak macet, diharapkan mampu mengandalkan rem kaki saja. Dengan begitu pengemudi dapat berkonsentrasi secara penuh terhadap jalan.

Kegunaan rem tangan sebenarnya untuk parkir dan keadaan darurat saja seperti rem blong. Jadi ketika pedal rem ditekan dan tidak ada efek pengereman, maka jalan satu-satunya menggunakan engine brake dan rem tangan.

Tetap fokus saat terjebak macet

Untuk alasan terakhir adalah tetap berkonsentrasi terhadap jalanan. Selain itu juga memberikan tanda pada pengendara di belakang Anda. Dengan menginjak rem kaki lampu rem akan menyala dan memberi tanda pada Mobil di belakang bahwa Anda sedang berhenti. Setelah itu ketika Anda melepas kaki dari pedal, maka lampu rem mati dan Mobil akan berjalan. Dengan begitu pengendara di belakang juga bersiap untuk melajukan mobilnya untuk segera melewati kemacetan yang terjadi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips pengemudian lainnya

Apabila menggunakan rem tangan pengemudi dapat bersantai, namun hal inilah masalahnya. Jika terlalu tenang dan lupa bahwa sedang dalam kemacetan bisa menimbulkan amarah pengendara lain. Mobil di depan sudah berjalan namun Anda masih berhenti karena tidak berkonsentrasi terhadap jalanan. Dengan begitu Mobil di belakang akan membunyikan klakson dengan keras dan biasanya sambil memaki-maki.

Rem tangan digunakan untuk parkir dan keadaan bahaya

Melihat hal tersebut sangat disarankan untuk jangan pasang rem tangan saat macet. Semuanya dilakukan demi keamanan dan keselamatan serta kenyamanan bersama. Jangan terlalu egois dengan mementingkan diri sendiri, karena jalanan bukan milik pribadi tapi milik umum. Bahkan kejadian yang pernah terjadi, Mobil di belakang terpaksa menabrak Mobil di depannya karena kendaraan tersebut asik mendengarkan musik dan tidak mendengar bunyi klakson. Sementara kendaraan di depannya sudah jauh tertinggal.

Jadi kesimpulannya, Rem tangan digunakan saat kemacetan yang terjadi terlalu lama. Jika hanya kemacetan yang sedikit berjalan dan sedikit lagi berhenti maka lebih bijak menggunakan rem kaki. >>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

Demikianlah informasi tentang alasan tidak boleh pasang rem tangan saat macet. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.