Toyota Mengaku Merek Lain Makin Agresif Menggoyang Posisinya

01/04/2018| Mobilmo.com

Hingga saat ini Toyota masih kokoh menjadi penguasa pasar otomotif di Indonesia. Namun, diakui oleh Toyota kalau tahun 2018 ini merek-merek lain makin agresif menggoyang posisinya, salah satunya dengan meluncurkan berbagai model baru.

"Salah satu alasannya di pasar mobil penumpang, di mana semua produsen, bukan hanya produsen Jepang, semuanya menghadirkan produk baru. Menyerang kita sangat agresif," tutur Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta.

Baca : Lawan Xpander, Dealer Resmi Toyota Siapkan Program Pemikat

Toyota terus berupaya mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar

Toyota tidak bakal menyerah begitu saja. Statusnya sebagai mobil paling laris di Indonesia bakal terus dijaga dengan berbagai cara.

"Keinginan kami tentu saja menaikkan market share, tapi kondisinya saat ini kompetisinya sedang ketat, tapi saya akan melakukan yang terbaik," kata Nakata.

Salah satunya dengan terus melakukan pendekatan kepada para pelanggan, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Selain itu, pendekatan juga dilakukan kepada komunitas-komunitas mobil Toyota berbagai model, karena secara langsung maupun tidak langsung mereka turut membantu citra positif di mata masyarakat.

Toyota Corolla Altis saat diluncurkan bersama dengan Innova Venturer awal tahun 2017 silam

"Artinya mereka konsumen penting kita dan mereka membuktikan sendiri kualitas produk kita seperti durabilitinya." tutur Nakata

"Secara keseluruhan lewat para komunitas, bisa menunjukkan perhatian kami untuk berkontribusi pada masyarakat indonesia, jadi sangat penting bagi kami," tambahnya.

Sebagai apresiasi dan ucapan terima kasih, di berbagai even yang diadakan oleh Toyota, para komunitas selalu dilibatkan.

"Kita selalu mendukung aktivitasnya, dan menyiapkan suntikan dana khusus," tutup Nakata.

Komunitas turut membantu menjaga citra positif Toyota di mata masyarakat

Meski dari sisi pasar masih merajai, Toyota baru saja merasakan hal kurang menyenangkan. Salah satu model andalannya, Avanza tergusur dari tahta mobil sejuta umat Low MPV. Adalah model kompetitor milik Mitsubishi, Xpander yang agresif dan mampu melakukannya setelah bertahun-tahun Avanza tak tergoyahkan menjadi model paling laris di tanah air.

Karenanya wajar, Toyota bakal berusaha keras merebut hati konsumen agar penjualan Avanza kembali ke jalur kemenangan seperti sebelum-sebelumnya.