Teknologi Baru Hyundai, Sistem Radar Untuk Cegah Kematian Anak Di Kabin Mobil

23/03/2020 | Abdul

Anak-anak merupakan salah satu harta yang sangat berharga. Sehingga menjaganya perlu dilakukan supaya tidak terjadi hal yang diinginkan dan tetap berbahagia bersama. Teknologi baru Hyundai satu ini menjadi salah satu pendukung untuk keselamatan anak di dalam kabin mobil. Jadi jika ada anak-anak duduk di kursi penumpang belakang maka akan diberitahukan kepada pengemudi.

Sistem penginderaan dalam kabin yang menggunakan basis radar telah dikembangkan oleh divisi suku cadang mobil Korea Selatan, Hyundai Mobil Co. Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan kematian anak di dalam kabin kendaraan karena suhu yang panas bisa dicegah.

Gambar ini menunjukkan logo Hyundai menggunakan warna krom

Hyundai kembangkan teknologi baru untuk deteksi anak di kursi penumpang belakang

>>> Baca Juga, Volkswagen Mengungkap Skandal Diesel-nya Menghabiskan Puluhan

Jadi apabila ada anak-anak di kursi penumpang belakang maka sistem peringatan penumpang belakang atau ROA akan memberitahukannya kepada pengemudi.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari Paultan, yang mana pihak Hyundai Mobis menuturkan, bahwasanya pengembangan sistem ROA telah dilakukan guna untuk memenuhi aturan berkaitan dengan pembuat mobil di Eropa mulai tahun 2022. Untuk teknologi baru tersebut mengadopsi dari fitur peringatan keselamatan yang berada di dalam kabin mobil.

"Sistem ROA berbasis radar lebih akurat dalam merasakan anak-anak di kursi belakang daripada sistem peringatan ultrasonik. Sistem berbasis radar saat ini belum diterapkan pada kendaraan," kata juru bicara perusahaan pada 22/3/2020.

Pengembangan teknologi baru Hyundai tersebut bukan asal-asalan. Apabila kita melihat dari kasus yang terjadi pada tahun 2018, terdapat seorang gadis yang usianya masih 4 tahun dan tewas di dalam kabin mobil di dekat kota Seoul. Untuk penyebabnya adalah serangan panas karena membiarkan anak-anak tetap berada di dalam mobil pada musim panas.

Melihat kejadian tersebut tentunya banyak yang menyayangkannya. Mengingat sang buah hati perlu mendapatkan perhatian oleh para orang tua. Namun biasanya dari pihak orang tua sudah melakukan yang terbaik dan mungkin tidak tahu jika membiarkan anak-anak di dalam kabin mobil sendiri cukup berbahaya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria melihat boneka anak di kursi mobil

Teknologi deteksi anak di dalam kabin menggunakan sistem radar

Selain soal teknologi baru Hyundai, dari pihak perusahaan menyebutkan, bahwasanya  pasar sensor kabin yang mengalami pertumbuhan diperkirakan kenaikannya rata-rata tumbuh 7% setahun bisa mencapai 14 miliar dolar AS untuk tahun 2030. Kalau saat ini untuk pasar sensor kabinnya berada di angka 4 miliar dolar AS.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik