Penjualan Sigra Jadi Andalan Daihatsu Dalam Sembilan Bulan

23/10/2019 | Fatchur Sag

PT Daihatsu Astra Motor (ADM) beruntung memiliki Sigra. Mobil 7 penumpang yang masuk kategori LCGC atau mobil murah ini terus memberikan kontribusi besar dengan penjualan cenderung stabil meningkat. Diungkap oleh ADM penjualan Sigra mencapai 37.241 unit atau 29,2 persen dari seluruh penjualan Daihatsu di Indonesia sepanjang Januari hingga September 2019.

ADM sendiri selama sembilan bulan tersebut mengklaim telah menjual (ritel) sebanyak 127.639 unit mobil baru berbagai model, dan sebanyak 132.988 unit (wholesales).

>>> Kalau Regulasi Siap, Daihatsu Siap Hadirkan Mobil Hybrid di Indonesia

Foto Test Drive New Daihatsu Sigra 2019

New Daihatsu Sigra, tampilan lebih menarik dibanding Sigra versi lama (foto : carmudi)

Menyusul di belakang Sigra, penjualan Daihatsu terbesar disumbang model niaga ringan Gran Max PU dengan penjualan 25.865 unit atau 20,3 persen.

Tiga model berikutnya yaitu LCGC Ayla, Gran Max MB dan SUV All New Terios menempati urutan berikutnya dengan penjualan masing-masing sekitar 15.000 unit sampai 17.000 unit.

“Kami bersyukur, hingga kuartal 3 penjualan Sigra menunjukkan tren positif. Kami berharap new Daihatsu Sigra yang baru diluncurkan pada September 2019 lalu, bisa mewujudkan impian masyarakat Indonesia,” tutur Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

>>> Review Daihatsu Sigra 2019: Pembaruan Unik, Mewujudkan Mimpi Konsumen

Sedikit jadi perhatian publik yaitu Low MPV Xenia. Mobil keluarga kembaran Avanza ini mengalami koreksi signifikan. Penjualan bulan per bulan semakin menurun hingga titik terendahnya di bulan Agustus 2019 yang hanya terjual sebanyak 462 unit dan berada di bawah low MPV asal Tiongkok, Wuling Confero S. Hal tesebut diakui juga oleh ADM kalau permintaan Xenia sedang menurun. Meski demikian, tidak ada kerugian yang harus ditanggung sebab kapasitas produksinya dialihkan untuk Toyota Avanza yang permintaannya lebih besar.

"Kami tidak bisa produksi (Xenia) karena permintaan lebih besar (untuk model Toyota). Jadi Xenia lebih rendah," kata Amel beberapa waktu lalu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Khusus untuk segmen LCGC, secara nasional penjualan mobil di segmen ini September 2019 berada di angka 160.532 unit, alias menurun 2,5 persen di bandingkan periode yang sama tahun lalu. Meski demikian, kontribusi segmen LCGC terhadap penjualan nasional tahun ini meningkat dari 19,3 persen pada tahun 2018, menjadi 21,2 persen pada 2019. Kondisi ini dikarenakan segmen lain ada yang mengalami penurunan signifikan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo