Melirik Penjualan Mobil Pintu Geser Di Awal Tahun 2020

04/03/2020| Abdul

Mobil menjadi tunggangan yang nyaman bagi para penggunanya, tidak hanya pengemudi tapi penumpang juga bisa merasakannya. Seperti kemudahan akses keluar masuk kabin dengan mengandalkan pintu geser yang diberikan pada beberapa mobil. Namun yang kadang jadi pertanyaan adalah bagaimana penjualan mobil pintu geser?

gambar ini menunjukkan mobil Toyota Alphard tampak bagian samping

Mobil dengan pintu geser terdiri dari angkutan niaga sampai mobil mewah

>>> Baca Juga, Belum Lengser, Suzuki Carry Pick Up Tetap Rajanya Pick Up!

Sebelumnya, mari kita lihat data dari Gaikindo, yang mana terdapat 33 merek otomotif yang melakukan penjualan produknya di Tanah Air sampai saat ini dengan beragam model, salah satu modelnya adalah menggunakan pintu geser, baik itu secara manual ataupun otomatis.

Tidak dipungkiri bahwa terdapat sedikit perbedaan dengan mobil konvensional. Hal tersebut berkaitan dengan aksen keluar masuk mobil, dengan menggeser ke samping beberapa kemudahan didapatkan. Hanya saja sayangnya terdapat masyarakat yang tidak menyukai dengan desain tersebut.

Akan tetapi jika melihat dari  data Gaikindo, bahwasanya terdapat 9 produk yang merupakan mobil pintu geser, dari mulai mobil niaga sampai kendaraan yang masuk dalam kategori mewah.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor menyebutkan, bahwasanya untuk Toyota mempunyai beragam produk yang ditawarkan. Produknya tersebut juga termasuk mobil keluarga yang mengandalkan pintu geser untuk akses keluar masuk ke dalam interior.

“Anggapan (konsumen Indonesia) kurang suka mobil pintu geser, perlu diklarifikasi lagi. Alphard buktinya bisa diterima dengan baik, bahkan banyak digunakan oleh segmen konsumen premium,” ujarnya dilansir dari laman VIVA pada 3/3/2020.

Jika melihat hal tersebut, bagaimana soal penjualan mobil dengan model pintu geser, apakah laris manis?

Jika melihat data, untuk pengiriman unit baru yang bermula dari pabrik ke diler resmi atau sering disebut dengan wholesales menyebutkan, bahwa pengiriman terbanyak diduduki oleh produk buatan Daihatsu yaitu Daihatsu Gran Max dengan jumlah 1.273 unit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil dengan pintu geser tampak putih

Pintu geser memudahkan akses keluar masuk penumpang

Berbeda dengan produk Daihatsu lainnya yakni Luxio yang penjualannya mencapai 145 unit untuk bulan Januari 2020 lalu. Sementara mobil lain yang memakai pintu geser adalah besutan Nissan yakni Serena. Untuk pengiriman mencapai 49 unit untuk bulan Januari 2020 dengan banderol harga Rp. 462 jutaan.

Sedangkan untuk mobil Toyota Sienta yang merupakan kendaraan keluarga dalam kelas menengah, wholesalesnya meraih 22 unit. Sementara Hyundai H-1 24 unit dan Starlex 18 unit dalam periode yang sama dengan lainnya.

Pada mobil pintu geser dalam kelas mewah terdapat 2 produk yaitu Toyota Vellfire dan Alphard. Yang mana untuk penjualan wholesalesnya adalah 1 unit untuk Vellfire dan 6 unit untuk Toyota Alphard dalam pembukaan tahun 2020.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International