Kabar Gembira, Fasilitas Uji Coba Kendaraan Baru Akan Dimiliki Indonesia

17/09/2019 | Abdul

Untuk saat ini pengujian mobil baru yang akan dijual di pasaran masih dilakukan oleh pihak pabrikan masing – masing. Akan tetapi nantinya setelah fasilitas uji coba kendaraan baru ada di Indonesia maka dari pihak Pemerintah akan ikut ambil bagian dalam hal tersebut. Jadi untuk pengujian, dari pihak Kementrian Perhubungan ikut mengujinya sebelum dijual di pasaran dan beralih ke tangan konsumen.

Gambar ini menunjukkan mobil pick up Double Cabin sedang uji tabrak

Pembangunan fasilitas uji coba kendaraan menggunakan sekema KPBU

>>> Baca Juga, Sudah Ratusan Ribu Unit Toyota Yaris Asal Indonesia Dipake

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Budi Setiyani selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyatakan, bahwasanya untuk pengujian mobil-mobil baru saat ini sedang dilakukan pembangunan proving ground. Untuk pembangunannya yang nantinya akan dijadikan tempat pengujian berada di daerah Bekasi, Jawa Barat.

"Kami upayakan tahun 2020. Jadi kami mulai pembangunan proving ground di balai pengujian di Bekasi. Untuk  semua uji, (uji tabraknya) pasti ada itu," ujar Budi saat berada di Jakarta, Sabtu 14 September 2019.

Dari pihak Budi juga menambahkan, bahwa untuk pembangunan fasilitas uji coba kendaraan baru tersebut juga melibatkan pihak swasta yang berada di bagian investor. Hal tersebut ditujukan untuk nantinya digunakan dalam pengembangan fasilitas pengujian tipe. Jadi dalam proses pembangunan fasilitas tersebut memakai skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha), begitu juga dalam pengelolaan proses pengujian kendaraan yang tidak dilakukan oleh pihak Kementerian Perhubungan saja.

"Pengelolaan, nanti akan gabungan dengan Kementerian Perindustrian, karena ada juga yang akan dilakukan mereka  (Kemenperin), ada yang oleh kami (Kemenhub)," tuturnya.

Dari pihak Budi juga menambahkan, bahwasanya saat ini memang telah terdapat lokasi untuk melakukan pengujian tipe kendaraan. Hanya saja dari segi kelengkapan masih terbilang kurang. Dengan adanya lokasi baru yaitu di Bekasi, nantinya akan lengkap dengan pengujian teknis di lapangan dan juga pengujian jalan untuk kendaraan baru.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah kendaraan kecil warna putih dan ujung mobil yang terparkir berjejeran

Pembangunan fasilitas uji caba kendaraan dilakukan di Bekasi, Jawa Barat

"Indonesia nanti masuk dalam daftar negara ASEAN yang punya fasilitas ini. Untuk uji tipe kendaraan listriknya juga ada," ucapnya.

Dengan adanya fasilitas uji coba kendaraan baru di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan keyakinan konsumen pada kendaraan yang dibelinya.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik