Ini Tanggapan Gaikindo Berkaitan Pajak Barang Mewah Pada Mobil LCGC

14/03/2019 Abdul Pasar Mobil

Kabar terbaru berkaitan dengan masalah mobil LCGC (Low Cost Green Car). Yang mana pada tahun 2021 mobil dalam segmen tersebut akan dikenakan pajak barang mewah atau PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) oleh pihak pemerintah. Jadi pada sebelumnya PPnBM untuk mobil segmen tersebut adalah 0 persen dan akan dikenakan pajak menjadi 3 persen.

Berkaitan dengan masalah pajak barang mewah tersebut, dari pihak Jongkie Sugiarto selaku ketua I Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mengatakan. Bahwasanya untuk keputusan final mengenai skema baru tentang perhitungan dari PPnBM masih ditunggunya. Jadi berkaitan dengan pajak penjualan kendaraan dengan roda 4 yang termasuk mobil LCGC pihaknya masih belum memberikan pernyataan.

Gambar ini menunjukkan logo GAIKINDO dan pengertiannya

Tanggapan Gaikindo masalah pajak mobil LCGC

"Saya belum bisa memberikan pernyataan karena kami juga masih menunggu keputusan finalnya," ujar Jongkie saat dihubungi oleh salah satu media ternama pada hari Rabu (13/3/2019).

>>> Lihat Juga, Kemenhub Keluarkan Aturan ODOL, Ini Tanggapan PT KTB

Untuk rencana dari skema pajak PPnBM hanya tertuju pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem hemat energi dan mobil dengan harga terjangkau (KBH2). Sementara untuk mobil listrik skema yang telah disebutkan di atas tidak berlaku.

Dari pihak Jongkie yang juga merupakan pelaku industri otomotif ikut mendukung adanya perubahan acuan yang berkaitan dengan pajak barang mewah. Jadi yang sebelumnya untuk penetapannya berdasarkan kapasitas kendaraan dan diubah menjadi memakai basis kadar emisi suatu kendaraan. Dengan adanya perubahan tersebut dapat juga untuk membangun perkembangan industri otomotif di Indonesia.

"Maksudnya dari industri otomotif, kita juga harus mengacu pada standar emisi dan kalau perpajakannya mengacu ke emisi kan jadi cocok," ujar Jongkie.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil LCGC warna merah dan kuning

Mobil LCGC terkenal irit bahan bakar dan ramah lingkungan

Tidak hanya itu saja, dari pihak Jongkie juga sepakat mengenai pajak barang mewah yang dikenakan tidak tertuju pada bentuk kendaraannya seperti MPV, Sedan dan lainnya. Pihaknya mempunyai harapan dengan adanya aturan terbaru tersebut bisa menjadikan industri nasional mampu bersaing dengan pasar global.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca