Indonesia Targetkan Ekspor Produk Otomotif 1 Juta Unit di 2024

16/12/2019| Fatchur Sag

Pasar mobil di tanah air mengalami penurunan di tahun 2019. Situasi politik, melemahnya nilai tukar rupiah serta kenaikan pajak jadi alasan hal tersebut terjadi. Meski demikian, upaya mendongkrak penjualan tetap dilakukan para produsen. Selain menghadirkan produk-produk baru mereka juga menawarkan beragam program pembelian menarik demi memikat konsumen.

Upaya meningkatkan pemasaran juga dilakukan untuk pasar ekspor. Seperti Isuzu yang baru saja melakukan ekspor perdana pick up Traga. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung hadir dalam seremoni ekspor dan melakukan pelepasan terhadap 120 unit Isuzu Traga ke Filipina. Jumlah tersebut merupakan awal dari target ekspor 6.000 unit Isuzu Traga ke Filipina tahun 2020.

Foto menunjukkan Presiden Jokowi melepas ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina

Ekspor perdana Isuzu Traga ke mancanegara, (12/12/2019)

Presiden Jokowi menyatakan target penjualan ekspor produk otomotif sebanyak 1 juta unit di tahun 2024. “Saya minta sampaikan kepada seluruh keluarga besar otomotif, tahun 2024 minimal 1 juta unit harus keluar dari Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan di pabrik perakitan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kamis, (12/12/2019).

Presiden yakin target tersebut bisa dicapai. Beliau meminta semua pihak untuk optimis mencapai target besar tersebut dikarenakan peluang yang ada masih sangat besar. “Saya melihat peluang-peluang itu sangat terbuka lebar,” ujarnya.

>>> Isuzu Traga Resmi Diekspor Setelah 20 Bulan Mengaspal di Indonesia

Sebagai catatan, ekspor produk otomotif khususnya mobil mengalami kenaikan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat sepanjang Januari-Oktober 2019 ekspor produk utuh (completely built up/CBU) mencapai 275.364 unit. Naik 46,6 persen dibanding periode yang sama tahun 2018 yang mencapai 187.752 unit.

Foto menunjukkan dereten Mitsubishi Xpander tiba di pelabuhan Filipina

Ekspor mobil CBU mengalami peningkatan di tahun 2019

Daihatsu membukukan angka tertinggi dengan mengeskpor 102.399 unit mobil. Disusul Toyota sebanyak 75.968 unit dan Mitsubishi Motors sebanyak 52.927 unit.

Isuzu sendiri belum memiliki catatan ekspor untuk mobil CBU sehingga pick up Traga yang dikirim ke Filipina dinyatakan sebagai model pertama yang diekspor utuh.

Di pasar lokal Isuzu Traga menjadi tulang punggung Isuzu di Indonesia dengan angka penjualan paling besar. Tahun 2018 Traga terjual 3.043 unit, lalu meningkat di tahun 2019 menjadi 4.938 unit sepanjang Januari-Oktober.

>>> Inilah Kelebihan Rancang Bangun DNGA Pada Mobil-Mobil Daihatsu

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 4 Penghargaan Di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020 Diraih Oleh 2 Mobil Sedan Honda

    19/02/2021| Abdul

    4 Penghargaan Di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020 Diraih Oleh 2 Mobil Sedan Honda

    Honda menjadi salah satu produsen mobil yang terkenal akan produk-produknya. Yang menarik adalah 2 mobil sedan Honda mendapatkan penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020. Adapun yang diraihnya mencapai 4 penghargaan.

  • Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    11/01/2021| Abdul

    Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    Lohgo baru GM dihadirkan untuk menjadi bukyti bahwa pihaknya telah siap untuk masuk dalam era kendaraan listrik. Bahkan CEO GM menggelontorkan dana besar untuk membuat kendaraan listriknya. Meskipun begitu, sebelumnya GM sudah memperkenalkan produknya dalam segmen mobil listrik yaitu Hummer EV dan Cadillac Lyriq.

  • Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    11/01/2021| Abdul

    Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    SPBU Shell saat ini sudah disediakan untuk kota-kota kecil. Karena sebelumnya hanya disediakan untuk kota besar saja. Dengan begitu masyarakat tentunya akan lebih mudah beraktivitas menggunakan kendaraan saat bahan bakar bisa didapatkan dengan lebih mudah.

International