Hal Menarik Mengenai Wacana Cukai Kendaraan Bermotor

25/02/2020 | Abdul

Berkaitan dengan cukai kendaraan bermotor, dari pihak Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan menyebutkan, bahwasanya untuk pengenaan cukai pada emisi terbilang penting. Hal tersebut dikarenakan emisi bisa menimbulkan efek rumah kaca atau sering dikenal dengan fenomena perubahan iklim dan menimbulkan polusi. Untuk ancamannya tidak hanya bagi kesehatan saja tapi juga soal lingkungan.

Gambar ini menunjukkan asap yang dikeluarkan dari knalpot mobil

Pemerintah berikan wacana soal cukai emisi kendaraan

>>> Baca Juga, Tertinggal Dalam Hal Penjualan, Teknologi Tesla Jauh Dibanding Mobil

Berhubungan dengan tarifnya, dari pihak Sri masih belum dapat menyebutkannya dengan spesifik. Hanya saja pihaknya menegaskan bahwa nantinya tarif cukai yang dikenakan dengan menggunakan bentuk advalorum atau spesifik multi tarif yang berdasarkan dari emisi CO2 dan keadilan serta aspek keseimbangan.

Supaya penetapan kebijakan bisa efektif serta memberikan manfaat bagi negara dan juga masyarakat, maka untuk pengenaan tarif dilakukan di tingkat importir dan juga pabrikan. Jadi terdapat hal yang menarik dalam wacana yang berhubungan dengan cukai kendaraan bermotor. Berikut informasinya yang dilansir dari Viva:

1. Menggenjot Produksi Kendaraan Listrik

Untuk kedepannya produksi  dan juga pengembangan dari kendaraan listrik dorong terus oleh pihak pemerintah. Hal tersebut dilakukan dengan mengeluarkan  berbagai kebijakan dengan tujuan supaya harapan tersebut bisa diwujudkan. Dari pihak Menkeu Sri juga berharap, dengan adanya pengenaan cukai emisi pada kendaraan dengan energi fosil biasa membuat kendaraan yang berbasis listrik produksinya terdorong. Nantinya kendaraan listrik akan lebih murah dan juga ramah lingkungan.

2.Terdapat Pengecualian

Adapun pengenaan cukai kendaraan bermotor ternyata terdapat pengecualian pada sejumlah kategori kendaraan. Dari pihak Sri menyebutkan, bahwasanya cukai emisi tidak diberlakukan pada kendaraan pemerintah dan juga kendaraan umum. Begitupun pada kendaraan yang dipakai khusus seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans dan juga kendaraan yang akan diekspor.

3. Menggenjot Penerimaan Negara

Instrumen cukai ternyata tidak hanya untuk pengendalian sosial saja, namun juga instrumen penerimaan negara. Dari pihak pemerintah juga mengklaim, bahwasanya RI merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia yang melakukan penerapan cukai pada sejumlah produk yang tergolong masih sedikit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan informasi mengenai cukai kendaraan bermotor

Untuk tarif belum disebutkan secara spesifik

Untuk targetnya, penerimaan negara dari cukai Emisi targetnya adalah Rp. 15,7 triliun. Adapun asumsi yang berkaitan dengan nilai potensi penerimaan cukai kendaraan bermotor dengan nilai PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) sekurang-kurangnya sama. Yang mana hal tersebut merupakan konsekuensi peralihan yang menggunakan bentuk cukai.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik