Xpander Bekas Sudah Tersedia, Dijual Lebih Mahal Dari Yang Baru

12/12/2017| Mobilmo.com

Keran pengiriman unit Xpander memang sudah dibuka sejak akhir September 2017 lalu. Namun, hingga saat ini jumlahnya masih belum seimbang dengang pesanan yang selalu datang tiap hari. Di jalanan jumlah unit yang mengaspal juga masih jarang dijumpai karena jumlahnya yang masih sangat sedikit. Uniknya, diantara konsumen yang telah mendapatkan unit Xpander yang dipesan, ada yang langsung dijual lagi, bahkan harganya lebih mahal.

Sebagai bukti, Pengamat pasar mobil bekas yang juga Manager Senior WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih menuturkan kalau di bursa mobil bekas (mobkas) Mangga Dua sudah ada tiga unit Xpander yang dijual pemiliknya. Semuanya varian tertinggi yakni Ultimate terdiri dari dua warna hitam dan satunya warna putih. “Jadi ada orang beli yang Ultimate (varian tertinggi Xpander) Rp 246 juta, dia jual lagi beda Rp 5 juta, yaitu Rp 251 juta,” tutur Herjanto saat kepada media yang menghubungi lewat telepon, Senin (11/12/2017). Herjanto menambahkan unit-unit Mitsubishi yang dijual oleh pemiliknya secara otomatis berganti status menjadi mobil bekas. Meski begitu mobil-mobil tersebut sebenarnya tetap mobil baru karena angka di odometer tidak ada yang melebihi 20 km. Satu unit sudah ada yang beli, katanya mau diangkut ke Kalimantan dan dijual lagi disana sebab harganya bisa lebih mahal.

“Jadi dari awal memang dia sengaja beli untuk dijual lagi. Itu jadi susah ngomong ya, bisa dibilang mobkas bisa juga mobil baru. Dijual ke daerah karena kan di sana lebih mahal,” ucap Herjanto. Mitsbishi Xpander memang fenomenal. Dari sejak peluncurannya di pameran otomotif GIIAS Agustus 2017 lalu sudah jadi perhatian dan perbincangan banyak orang. Pesanan kemudian meledak jauh melebihi ekspektasi Mitsubishi yang berimbas pada makin panjangnya antrean untuk mendapatkan unit kendaraan. Hingga saat ini pesanan sudah lebih dari 40.000 unit. Sebagian sudah dikirim di konsumen yang pesan duluan. Konsumen lain yang jumlahnya lebih besar harus rela bersabar menunggu giliran yang mungkin baru diterima tahun 2018. Sebagian kecil ada juga yang mencari jalan cepat guna mendapatkan unit dengan memberikan tips kepada dealer atau tenaga penjual agar namanya bisa disisipkan diantara pembeli lain yang telah datang duluan. Meski itu bukan cara yang baik dan diijinkan perusahaan, faktanya memang demikian.

Nah, kali ini ada lagi cara konsumen untuk mendapatkan Xpander yang diimpikan tanpa harus antre lama. Yaitu mengintip di bursa mobil bekas. Seperti yang dituturkan Herjanto, status inden saat ini sudah sampai tahun depan. Jadi kalau ada unit Xpander dijual kembali oleh pemiliknya dengan odometer kecil bisa sangat diburu oleh konsumen yang kebelet pengin dapat unit dengan cepat meski harga yang ditawarkan kadang lebih mahal dari unit yang baru. “Sampai sejauh ini memang belum ada yang sengaja jual, maksudnya menjual barang yang sudah 500 km. Prediksi saya itu Januari baru ada yang seperti itu,” kata Herjanto.

International