Xpander Bakal Jadi Armada Baru Blue Bird Gantikan Mobilio?

08/11/2017| Mobilmo.com

Hingar bingar kehadiran Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander ternyata tidak hanya di konsumen individu, tapi juga mengalir ke pasar komersial atau fleet (borongan). Kabar baru yang berkembang, Xpander yang berkapasitas 7 penumpang bakal dipakai oleh perusahaan taksi Blue Bird sebagai armada.

Gambar rekayasa taksi Xpander

Saat ini, untuk melayani konsumen keluarga Blue Bird masih menggunakan Honda Mobilio. Jika kabar itu benar, posisi Mobilio sebagai armada utama 7 penumpang bakal terancam. Pihak Mitsubishi yang dikonfirmasi oleh salah satu media mengaku mendengar kabar tersebut justru dari media. Hanya saja sampai saat ini, belum ada pesanan resmi dari pihak Blue Bird atau yang lain. Memang dari awal pihak Mitsubishi tegas menuturkan tidak ada rencana untuk menjadikan Xpander sebagai armada taksi atau angkutan umum yang lain. Dari puluhan ribu pesanan yang masuk, semuanya berasal dari konsumen individu atau retail. “Sampai saat ini, tidak ada pemesanan Xpander dari Blue Bird, ataupun rencana bekerja sama dengan armada taksi lainnya. Inden yang masuk kepada kami sebagian besar adalah konsumen retail atau private,” tutur Imam Choeru Cahya selaku Head of Sales and Marketing Group Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Selasa (7/11/2017).

Imam juga menyampaikan bahwa hingga kini fokus utama Mitsubishi adalah merampungkan pengiriman pesanan kepada konsumen yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari 30.000 unit. “Oleh karena itu, saat ini kami berkonsentrasi bagaimana mempercepat pemenuhan ke konsumen tersebut, terlebih dengan pemesanan retail yang saat ini sudah menembus lebih dari 30.000 unit,” kata Imam. Sementara itu dari pihak Blue Bird sendiri juga belum dapat memberikan tanggapan mengenai kabar pemakaian Xpander sebagai armada menggantikan LMPV Honda Mobilio. Dari Humas PT. Blue Bird Tbk, Teguh Wijayanto hingga salah satu direktur, Sigit Priawan sama-sama diam, tidak merespon saat diminta keterangan. Bahkan kepada Andrianto Djokosoetono selaku salah satu direktur yang juga anak Direktur Utama, Purnomo Prawiro saat dikonfirmasi juga tidak memberikan komentar.

Saat ini, armada yang digunakan PT. Blue Bird untuk segmen sedan masih menggunakan Toyota Vios Limo. Ada juga Nissan Almera yang digunakan, namun jumlahnya tidak begitu banyak. Sedangkan untuk mobil yang multi guna, PT. Blue Bird mengandalkan Honda Mobilio. Yang peluncurannya secara resmi dimulai tanggal 20 Agustus 2015 di Balai Kota DKI Jakarta.

International