Tren Kendaraan Listrik, Mini Akan Meluncurkan Mobil MPV Full Elektrik

11/09/2019 | Abdul

Popularitas mobil jenis SUV atau crossover bisa dibilang cukup merepotkan MPV dan city car, bahkan ketertarikan masyarakat akan mobil SUV akhir-akhir ini membuat penjualan MPV dan city car tidak selaris dulu. Meskipun begitu, bagi Mini produsen otomotif milik BMW yang bermarkas di Britania Raya ini menganggap bahwa mobil jenis MPV saat ini masih memiliki pasar yang menjanjikan. Pasalnya, banyak traveler atau pecinta perjalanan yang masih menggunakannya. Dan dengan alasan itulah Mini mulai serius mengembangkan mobil model MPV tentu saja dengan mengikuti tren saat ini, yakni keseluruhan komponennya mengandalkan tenaga listrik.  Jadi nantinya kendaraan tersebut merupakan sebuah mobil MPV full elektrik.

Gambar ini menunjukkan logo Mini warna hitam krom pada bodi mobil warna kuning

Mini akan menghadirkan kendaraan MPV dengan Full elektrik

>>> Baca Juga, Kemunculan Mobil Listrik Mitsubishi IMiEV, Baterai 50% Dapat Melaju 40,7

Keseriusan Mini dalam menggarap model MPV tersebut kepada Autocar Mini mengklaim bahwa saat ini pihaknya akan segera menghidupkan kembali moniker Traveler. Dari sumber yang sama juga mengungkapkan bahwa pembangunan mobil tersebut akan menggunakan platform FAAR BMW yang sudah mendukung konfigurasi dua model penggerak, penggerak roda depan dan 4WD. Dengan platform tersebut Mini juga menawarkan pengalaman baru bagi traveler untuk merasakan penggunaan mesin pembakaran internal yang berbeda, yakni hibrida plug-in dan mesin full elektrik.

Untuk pengembangannya sendiri, mobil MPV full elektrik baru besutan Mini akan dikembangkan secara bersamaan dengan penerus BMW i3. Laporan lain juga mengatakan kehadiran mobil baru tersebut tidaklah benar-benar sebagai pengganti secara langsung terhadap model saat ini melainkan bakal memiliki perbedaan bentuk secara drastis. Mobil Mini full elektrik terbaru ini nantinya bakal diposisikan sebagai penantang Volkswagen ID.3.

Mobil full elektrik terbaru buatan anak perusahaan BMW tersebut akan menjadi salah satu bagian dari penyelarasan perusahaan Inggris dari operasi global yang akan dikembangkan dengan melihat semua model masa depan baik dengan menggunakan platform FAAR BMW ataupun menggunakan arsitektur yang dikembangkan bersama dengan Great Wall Motors. Dan itu merupakan strategi yang sedang digarap oleh Harald Kruger, mantan CEO BMW.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil listrik dari Mini yakni Cooper SE tampak bagian depan

Cooper SE merupakan mobil listrik pertama dari Mini

Pada saat yang bersamaan, produsen otomotif asal Inggris tersebut juga memberikan lampu hijau untuk meluncurkan mobil listrik lainnya yang bukan model MPV melainkan mobil stylish yang dibekali dengan tiga pintu serta menjadi versi produksi dari mobil konsep Rocketman 2011.

Jika memang kabar itu benar maka platform yang bakal digunakan Rocketman adalah platform EV yang dikembangkan oleh Spotlight Automotive, perusahaan patungan antara BMW dan Great Wall. Dan Rocketman akan mulai diluncurkan pada tahun 2022. Saat Mobil MPV full elektrik besutannya dihadirkan, bisa saja banyak masyarakat yang tambah ingin memilikinya. Mengingat banyak peminat mobil MPV terutama untuk dijadikan kendaraan keluarga.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik