Ternyata, Mitsubishi Tak Pasarkan Eclipse Cross Di Indonesia

31/10/2017| Mobilmo.com

Pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2017 masih berlangsung hingga saat ini dan akan berakhir Minggu, 5 November 2017. Salah satu model yang hadir dalam ajang ini adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Tidak hanya memperkenalkan kepada publik Jepang khususnya, Mitsubishi juga secara resmi meluncurkan Eclipse Cross untuk pasar Asia. Sebelumnya, SUV ini pernah dipamerkan untuk pertama kalinya pada event Geneva Motor Show 7 hingga 19 Maret 2017 lalu, dan langsung dijual untuk pasar Eropa. Tampil dengan gaya atraktif penuh gaya, berani dan futuristik seperti halnya umumnya model baru Mitsubishi yang lain. Eclipse Cross tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.500 cc turbo bensin dan 2.200 cc direct injection diesel.

Satu pertanyaan yang mungkin paling bikin penasaran penggemar otomotif dalam negeri, apakah Eclipse Cross juga akan dipasarkan di Indonesia? Bila benar, kapan waktunya dan berapa harganya? Seperti diketahui, untuk pasar tanah air saat ini Mitsubishi memiliki Outlander Sport yang berkompetisi di segmen medium SUV. Sudah cukup lama model ini tidak menerima pembaruan yang signifikan dan sepertinya memang sudah waktunya untuk di update. Sedangkan untuk Eclipse Cross, ada satu hal yang benar-benar jadi bahan pertimbangan bila hendak dihadirkan di Indonesia, yaitu masalah harga.
"Untuk itu, saya bisa katakan sepertinya akan sedikit sulit. Paling utama sebenarnya adalah masalah harga, itu yang membuat sulit," tutur Vincent Cobee selaku Corporate VIce President MMC kepada salah satu awak media Indonesia di Pusat R&D Mitsubishi Motors di Okazaki, Jepang, Kamis (26/10/2017) lalu. Yang membuat harga Eclipse Cross diyakini kurang begitu bersahabat dengan kantong orang Indonesia; Pertama dari faktor lokasi produksi yang berada di luar kawasan Asia Tenggara. Eclipse Cross masih dibuat di pusat produksi Mitsubishi di Okazaki Jepang. Cobee berandai-andai, bila kelak SUV ini bisa diproduksi di wilayah ASEAN Free Trade (AFTA), kemungkinan besar harga yang dibanderolkan juga terjangkau untuk konsumen Indonesia. Yang kedua adalah skema beban pajak. Bila Eclipse Cross hadir di tanah air, kemungkinan beban pajak yang harus ditanggung sangat tinggi. Hal ini didasarkan pada pilihan mesin yang ditawarkan serta teknologi penggerak Super All Wheel Control (S-AWC).

Untuk Indonesia saat ini, Mitsubishi lebih fokus pada pengiriman unit Xpander kepada seluruh konsumen yang telah memesan. "Saat ini untuk Indonesia, perhatian kami tetap pada Xpander. Bagaimana kami secepat mungkin mengantarkan pesanan konsumen di Indonesia dengan segera. Itu yang utama," jelas Cobee.

International