Target Penjualan Suzuki Terlampaui Di GIIAS 2017 Plus Ignis Kuasai Pasar City Car

25/08/2017| Mobilmo.com

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 berakhir 20 Agustus 2017 pekan lalu. Salah satu yang menarik untuk diketahui usai pameran otomotif terbesar itu adalah berapa besar penjualan yang peserta dapatkan dalam ajang tersebut. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang membawahi Suzuki telah mengkonfirmasi hal tersebut kepada media. Meski tidak mendominasi, perolehan Suzuki cukup membikin puas PT. SIS karena melebihi dari target penjualan Suzuki yang ditetapkan.

Selama 11 hari pameran GIIAS 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Suzuki berhasil membukukan penjualan sebanyak 945 unit mobil secara keseluruhan. Melampaui target penjualan Suzuki yang ditetapkan semula yang hanya 700 unit saja. Kontribusi terbesar diperoleh dari penjualan New Ertiga sebesar 296 unit. Suzuki Baleno Hatchback menyusul dengan penjualan sebanyak 247 unit, kemudian city car Suzuki Ignis sebanyak 202 unit. Sisanya diperoleh dari model lain yang dipajang. Faktor lain yang juga cukup mempengaruhi peningkatan penjualan adalah banyaknya pengunjung yang melakukan test drive terhadap produk baru yang dipajang. Mayoritas mereka yang datang menjajal Baleno Hatchback otomatis, Ertiga Diesel, Suzuki Ignis, serta SX4 S-Cross. “Untuk konsumen Roda 4, tingginya angka test drive Suzuki oleh pengunjung GIIAS 2017 membuktikan bahwa pasar Suzuki saat ini sudah mulai terarah. Di mana antusiasme pengunjung GIIAS 2017 terhadap produk Suzuki sangat tinggi di masing-masing produk. Ini membuktikan bahwa Suzuki semakin dipercaya oleh konsumen,” kata Makmur selaku 4W Sales Director PT SIS, kepada salah satu media, Rabu (23/8/2017). Satu lagi yang didapat Suzuki dari perhelatan show otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang beberapa waktu lalu adalah penghargaan Juara II Booth terfavorit kategori 800 sq x 2.000 sq. Booth Suzuki ditata dengan menghadirkan konsep The Next Urban Standard. Display mobil dipajang disesuikan dengan zona agar pengunjung lebih mudah melihat dan memilih mobil mana yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama PT. SIS saat menginjakkan kaki di booth. Desainnya yang elegan, sporty, bersih, dilengkapi dengan cafe dan hiburan. Untuk kebutuhan transaksi, Suzuki menghadirkan enam leasing ke finance area agar calon konsumen lebih mudah memilih leasing yang diminati. Ada catatan istimewa lain seiring dengan tercapainya target penjualan Suzuki selama GIIAS 2017. Produk barunya, Suzuki Ignis yang baru diluncurkan pertengahan April 2017 berhasil mencuri posisi pasar city car tepat di bulan Juli 2017 atau akhir semester pertama. Data yang diperoleh dari Gaikindo, wholesales Suzuki Ignis di bulan Juli mencapai 1.578 unit. Angka ini naik 25.04 persen dari bulan Juni yang terjual sebanyak 1.262 unit. Secara global penjualan Ignis dari bulan Maret sebelum diluncurkan hingga Juli 2017 mencapai angka 7.102 unit atau 38.59 persen dari total market. Sukses ini menggusur Honda Brio dari tahta city car yang sudah dikuasai sebelumnya. Honda hanya memperoleh total penjualan Brio sebanyak 6.314 unit. Itu adalah perhitungan dari awal tahun, Januari hingga Juli 2017. Bahkan bulan Juni 2017 menjadi periode terburuk bagi Honda Brio karena hanya terjual 668 unit.

Peringkat tiga tingkat penjualan city car ditempati Nissan March dengan hanya sukses terjual sebanyak 1.627 unit selama tujuh bulan. Malah, di bulan Juli March hanya terjual 64 unit saja. Sangat menarik untuk terus diikuti, apakah kesuksesan Suzuki bersama Ignis, Baleno Hatchback dan produk lain dalam menguasai pasar bisa bertahan sampai empat bulan ke depan. Mengingat para kompetitor juga tak akan tinggal diam berebut konsumen. Kita lihat saja ...

International