Sukses Di GIIAS 2017 Banten, All New Mazda CX-5 Kini Resmi Meluncur di Jawa Tengah

24/09/2017| Mobilmo.com

Kabar gembira buat pecinta Mazda. Model terbaru, All New Mazda CX-5 secara mulai beredar dan mengaspal di jalanan Jawa Tengah. Resmi diluncurkan Kamis 9 September 2017 lalu, warga Jawa Tengah kini bisa dengan lebih mudah melihat secara langsung mobil SUV kelas menengah ini. Launching All New Mazda CX-5 ini merupakan kelanjutan dari suksesnya Mazda berpartisipasi dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10 Agustus 2017 lalu di BSD City Tangerang Banten. Sebagai distributor resmi Mazda di Indonesia, PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) tidak tinggal diam, pasar Jawa Tengah dibuka secara untuk mempermudah memberi pelayanan terhadap konsumen. Jawa Tengah dipandang PT. EMI sebagai pasar yang sangat prospek, memiliki potensi yang baik terhadap otomotif. Selama ini, dari Januari hingga bulan Juli 2017, khususnya Semarang dan Jawa Tengah memberikan kontribusi yang cukup lumayan. Penjualan Mazda wilayah ini mencapai 5,4 persen dari total penjualan nasional.

PT. EMI mentargetkan wilayah Jawa Tengah bisa memperoleh penjualan minimal 10 persen untuk seluruh merek Mazda. Sedangkan untuk All New Mazda sendiri ditargetkan 70 hingga 80 unit sampai akhir tahun, atau di kisaran 25 unit perbulan. "Di Jateng target 70-80 unit CX-5 hingga akhir tahun," tutur Roy Arman Arfandy selaku Presiden Direktur Eurokars Motor Indonesia, di Semarang, di sela-sela acara peluncuran. Roy juga optimis bahwa target untuk wilayah Jawa Tengah ini bisa tercapai, khususnya di kota Semarang. Sebab memang sudah terbukti selama Jawa Tengah memang berkontribusi besar menaikkan persentase penjualan merek Mazda. All New Mazda CX-5 adalah line up terbaru yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2017 di Tangerang, Banten. Meluncur di segmen SUV premium, mobil ini menyasar konsumen kelas menengah ke atas dan diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Untuk pasaran global hanya ada 5.000 unit saja selama tahun 2017. Indonesia hanya kebagian jatah 600 unit, sedangkan sisanya untuk negara lain. "Target penjualan Mazda itu 5.000 unit di 2017. Khusus untuk CX-5. hanya 600 di Indonesia karena harus dibagi ke negara lain," ujar Roy. Keikutsertaannya pada ajang tersebut adalah sebuah keputusan yang tepat. Lewat ajang tersebut Mazda sukses membukukan penjualan yang cukup lumayan. All New Mazda CX-5 menempati peringkat teratas dari jajaran mobil Mazda yang ikut dipajang.

Selama 11 hari pameran, Mazda berhasil menjual sebanyak 743 unit kendaraan dari berbagai model, dengan perincian sebagai berikut:
  • All New Mazda CX-5 terjual sebanyak 272 unit, atau 36.6 persen,
  • Mazda2 terjual sebanyak 240 unit, atau 32.3 persen,
  • Mazda CX-3 terjual sebanyak 124 unit, atau 16.7 persen,
  • Mazda Biante terjual sebanyak 46 unit, atau 14.4 persen,
  • Mazda CX-9 terjual sebanyak 26 unit, atau 14.4 persen,
  • Mazda MX-5 terjual sebanyak 17 unit,
  • Mazda3 terjual sebanyak 9 unit, dan
  • Mazda6 terjual sebanyak 9 unit.
Angka penjualan tersebut di atas tidak hanya membuat PT. EMI gembira tapi juga terkejut, mengingat ajang GIIAS 2017 di BSD City, Tangerang Banten adalah kali pertamanya Mazda mengikuti pameran otomotif dalam negeri bertaraf internasional tersebut. “Merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi, kami memperoleh jumlah penjualan sebanyak 743 unit. Lebih menggembirakan lagi, kontribusi terbesar dari total penjualan berasal dari All-new Mazda CX-5 yang merupakan model terbaru, sekaligus model yang kami luncurkan pertama kali di ajang GIIAS 2017,” kata Roy Arman Arfandy selaku Presiden Direktur PT EMI dalam keterangan resminya, 24 Agustus 2017 lalu.

Khusus untuk All New Mazda CX-5 dipasarkan dalam dua tipe yaitu Elite dan GT dengan harga selisih Rp 20 juta. Mazda CX-5 tipe Elite dijual seharga Rp 568.8 juta, sedangkan yang tipe GT dilepas di harga Rp 546.8 juta.  

International