Soal Kehadiran Ertiga Terbaru, Honda Dan Toyota Tak Menggubris

12/01/2018| Mobilmo.com

Segmen mobil sejuta umat MPV atau low multi purpose vehicle (LMPV) hingga saat ini masih menjadi pasar paling menggiurkan buat para produsen kendaraan roda empat. Segmen ini paling banyak menyedot minat konsumen dalam negeri. Banyak orang bahkan terlalu fanatik dengan model - model mobil keluarga macam ini sehingga sulit untuk sedikit melirik mobil model lain. Bagi para produsen seperti Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Honda dan Toyota serta yang lain, kondisi semacam ini tak ingin dilewatkan untuk dimanfaatkan meraup keuntungan semaksimal mungkin. Buktinya, pertengahan Agustus 2017 lalu dua produsen yang sama-sama belum pernah terjun ke arena pertarungan kelas low MPV langsung menghadirkan produk barunya ke publik, yaitu Mitsubishi dan Wuling. Keduanya sama-sama rela berinvestasi besar-besaran demi menghadirkan model baru dan memproduksinya dalam negeri.

Mitsubishi, sekalipun sudah malang melintang di industri otomotif dalam negeri, tapi belum pernah sekalipun menjual mobil low MPV sebelum akhirnya meluncurkan Xpander karena kepincut pasar. Kehadiran Xpander langsung menggebrak pasar. Antusias masyarakat begitu tinggi hingga akhirnya berbuah manis bagi pabrikan tiga berlian tersebut. Begitu pula dengan Wuling. Untuk kali pertamanya terjun di kancah persaingan industri roda empat dalam negeri, produsen mobil yang berpusat di China tersebut langsung meluncurkan low MPV sebagai model perdananya, yaitu Confero. Berbekal fitur melimpah namun dengan harga yang relatif murah dibanding low MPV lain, Wuling dengan mantap melangkah. Meski tak se-booming Xpander, Wuling boleh merasa puas sebab hasil jualannya melebihi ekspektasi. Stigma negatif yang selama ini melekat pada merek-merek China tidak jadi penghalang bagi Wuling untuk terus berkembang. Baca : Merek China Dinilai Negatif, Wuling Tidak Peduli Dan Tetap Pede Siapa yang merespon kehadiran Xpander dan Confero? Hampir semua merek tergugah dengan fenomena Xpander dan Confero. Tak bisa dipungkiri, mau tidak mau para kompetitor harus bangkit menghadapi serbuan dua pendatang baru tersebut.

Great New Xenia Custom 2017

Daihatsu tampil duluan. Meski tidak menghadirkan produk yang benar-benar baru langsung merespon kehadiran Xpander dan Confero dengan varian terbaru. Di penghujung tahun 2017, Daihatsu meluncurkan Great New Xenia Custom yang tampilannya rada-rada agresif ala mobil SUV. Kabar santer juga datang dari Suzuki menjelang pergantian tahun. Merek yang berjaya tanah Hindustan ini diisukan bakal menghadirkan model baru Ertiga untuk menghadapi pertarungan di segmen mobil keluarga tujuh penumpang. Bukan untuk pasar India, tapi untuk Indonesia. Beberapa kali beredar gambar spyshot model baru andalan Suzuki Indonesia ini sedang diuji coba di jalanan India. Diperkirakan, model baru ini bakal dipajang di pameran otomotif Delhi Auto Show, Februari 2018 yang akan datang. Baca : Suzuki Ertiga Terbaru 2018 dan Bocoran Harganya

Kamuflase Ertiga 2018 yang diuji di jalanan India

Terkait dengan kabar kehadiran Suzuki Ertiga generasi baru tersebut, baik Honda dan Toyota yang sama-sama jadi kompetitor enggan mengomentari. Begitu pula saat ditanyakan apakah keduanya bakal menghadirkan model baru low MPV-nya atau melakukan penyegaran di tahun anyar ini. Honda dan Toyota juga tak banyak membuka informasi. “Saat ini Avanza masih fokus untuk memenuhi kebutuhan yang sudah ada. Sehingga fokus kami pun masih di sana sambil terus melakukan study improvement-nya. Kami juga tentu akan memertimbangkan baik trend, kebutuhan, ataupun permintaan pasar khususnya di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada media, Kamis (10/1/2017). Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, malah memberi jawaban lebih singkat. Dirinya hanya menjawab, “Ditunggu saja ya.”

Rekayasa gambar Suzuki Ertiga generasi baru 2018

International