RMA Indonesia Mau Jualan Ford Sebagai APM, Bukan Importir

11/10/2017| Mobilmo.com

Sejak ditutupnya APM Ford PT. Ford Motor Indonesia (FMI), seluruh aktifitas ikut dihentikan. PT. FMI tidak lagi memberikan layanan apapun yang meliputi jual beli, layanan purna jual, klaim garansi dan suku cadang. Tanggung jawab tersebut kini ditangani oleh RMA Indonesia dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen Ford di Indonesia. Kecuali satu, yaitu dalam hal penjualan.

Hingga kini, RMA Indonesia belum mengantongi izin untuk jualan. Bukan berarti tidak ada angan-angan ke arah itu. RMA sudah merencanakan untuk pelakukan aktifitas penjualan merek Ford pada tahun 2018. Bukan hanya sebagai importir biasa, RMA Indonesia bahkan akan menyandang status Agen Pemegang Merek (APM) Ford. Dengan begitu nanti RMA juga memberikan semua layanan purna jual serta garansi. Yanto Mardianto selaku Senior Manager Marketing & Sales RMA Indonesia menuturkan, kalau hanya berstatus importir tentu tidak ada tanggung jawab terhadap garansi. Padahal selama ini RMA Indonesia sudah meng-cover garansi segala mobil merek Ford yang ada di Indonesia.

“Kalau importir tentunya tidak bertanggung jawab untuk garansi. Namun, kami saja sekarang ini sudah bertanggung jawab untuk meng-cover warranty model mobil Ford yang ada di Indonesia,” ujar Yanto kepada media Selasa, 10 Oktober 2017. Masih menurutnya juga, ada perbedaan besar antara status importir dengan Agen Pemegang Merek (APM). Kalau importir biasanya cuma melakukan jual beli putus. Begitu ada deal dengan konsumen dan barang sudah berpindah tangan, importir tidak memiliki tanggung jawab lagi dengan barang yang terjual. Sedangkan bagi perusahaan yang menyandang status Agen Pemegang Merek (APM), mereka punya tanggung jawab besar yang cukup panjang. Meliputi klaim garansi dan layanan purna jual.

Untuk saat ini, pihak RMA Indonesia masih berkonsentrasi pada proses mendatangkan kembali model Ford dari negeri asalnya ke dalam negeri untuk dipasarkan. Diharapkan proses ini selesai sesuai target yang ditentukan, yaitu semester pertama tahun 2018. Model yang akan didatangkan seperti Ford Ecosport, Ford Fiesta, Ford Ranger serta produk-produk Ford yang lain.

International