Review Toyota Alphard 2002, Luxury MPV Toyota Generasi Pertama

22/04/2018 | Mobilmo.com

Berbicara mobil mewah dengan kapasitas penumpang yang banyak tentunya tidak akan lengkap tanpa membicarakan Toyota Alphard. Mobil MPV mewah buatan Toyota ini memang menjadi produk unggulan Toyota dalam segmen pasar luxury MPV. Diluncurkan pertama kali di tahun 2002, Toyota Aphard menjadi lambang keme mobil mewah dan nyaman dari Toyota. Nah, seperti apa penampilan dan perfroma dari Toyota Alphard 2002 ini sebenarnya?

PENGANTAR  TOYOTA ALPHARD 2002

Dibuat untuk bersaing di kelas MPV mewah, Alphard langsung menarik perhatian banya orang ketika pertama kali diluncurkan di tahun 2002. Desainnya yang besar dengan berbagai fitur mewah yang tersemat di dalammnya membuat mobil ini menjadi mobil wajib bagi para pesohor dan orang-orang penting. Desainnya yang mewah serta kabinnya yang lega memang akan memanjakan penumpang yang ada di dalam mobil ini. Awalnya mobil ini hanya dirilis terbatas untuk wilayah Jepang saja, tetapi karena peminatnya cukup banyak akhirnya mobil ang satu ini juga bisa masuk ke Indonesia. Toyota Alphard 2002 generasi pertama ini hadir dalam dua versi mesin yaitu dengan menggunakan mesin 2.400 cc dan juga 3.000 cc. Generasi pertaman dari mobil ini hadir hingga tahun 2007 sebelum akhirnya mendapatkan pembaruan di tahun berikutnya. Walaupun sudah terbilang cukup berumur, mobil ini masih memiliki harga yang cukup fantastis di pasaran mobil bekas dan dijual mulai dari harga 150 jutaan.

EKSTERIOR  TOYOTA ALPHARD 2002

  • Desain Mewah Dan Nyaman

Sesuai dengan pasarnya, Toyota Alphard hadir dengan berbagai macam kemewahan yang memang hanya dikhususkan untuk orang-orang tertentu saja. Mobil ini memiliki dimensi yang sangat besar dengan berbagai hiasan chrome sehingga terlihat sangat mewah.
  • Desain bagian depan

Untuk bagian depan, Alphard generasi pertama sudah menggunakan grill dan headlamp yang cukup besar sehingga akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Bentuk gril ini akan mengingatkan kita pada bentuk tameng dari era ksatria di Inggris. Sangat kkuat dan kokoh. Sayangnya, desain bagian depan ini terlihat sangat kaku karena bentuk headlamp yang masih sangat kotak yang menyatu dengan grill tersebut.
  • Desain bagian samping

Desain bagian samping mobil Toyota Alphard 2002, masih cukup polos dan juga kaku. Dari sini kita bisa melihat bagaimana mobil ini hanya mengejar urusan ukuran saja untuk bagian eksterior. Karena mobil ini benar-benar terlihat sangat kotak, tapi rasanya itu adalah sebuah hal yang wajar di tahun 2002.
  • Desain Bagian belakang

Di bagian belakang, Anda akan mendapatka sebuah jendela belakang yang sangat besar dengan banyak lampu dibawahnya. Sedikit sentuhan chrome, hiigh mounted stop lamp serta rear wiper membuat mobil ini terlihat mewah, tetapi masih terlihat cukup kaku. Bukan sebuah mobil idaman bagi para anak muda. >>> Klik sini untuk lihat daftar mobil Toyota Alphard 2002 dijual dengan harga terbaik 

INTERIOR  TOYOTA ALPHARD 2002

  • Ruang kabin mewah dan lega

Bila bagian luar mobil ini mengandalkan berbagai sentuhan chrome yang berkilat, maka di bagian dalam mobil ini mengandalkan material kulit dan juga sentuhan wood panel. Hampir seluruh bagian dalam mobil ini dilapisi oleh material kulit, sementara untuk dashboard sentuhan wood panel digunakan agar mobil ini terlihat mewah. Di bagian tengah terdapat sunroof serta tv untuk hiburan di bagian penumpang. Mewah dan sangat berkelas pastinya. Berbicara mengenai ruang di dalam kabin tentunya sama sekali tidak ada masalah karena ruang kaki dan kepala di mobil ini sangatlah lapang. Bahkan bila Anda duduk di kursi baris kedua, Anda bisa memaksimalkan ruang kaki dan kursi tanpa ada kendala sama sekali.
  • Desain bagian dashboard

Untuk bagian dashboard, mobil ini menggunakan warna dual tone untuk bagian panel dashboard. Di bagian tengahnya terdapat head unit yang cukup besar dengan mmenggunakan wood panel.
  • Desain bagian setir

Untuk bagian setir, desain setir Toyota Alphard generasi pertama ini masih terlihat sangat polos, tetapi untungnya setir ini sudah cukup canggih karena sudah memiliki fitur audio steering switch.
  • Desain kursi

Bagian kursi di mobil ini menggunakan material berlaspi kulit sehingga sangat nyaman untuk digunakan Bagin kursi juga bisa disesuaikan tingkat kenyamannya dengan pengaturan elektronik.
  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil tidak terlalu luas, tetapi bukan menjadi masalah karena kursi di baris ketiga bisa dengan mudah Anda lipat untuk memberikan ruang yang lebih luas. >>> Berapa harga mobil Toyota Alphard dalam kondisi bekas? Klik sini untuk lihat

FITUR  TOYOTA ALPHARD 2002

Dari sisi fitur sebuah mobil,  Toyota Alphard 2002 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:
  • Fitur keselamatan

Untuk bagian keselamatan mobil ini sudah sangat mumpuni untk sebuah mobil mewah. Sistem perlindungan airbag sudah tersedia dengan sistem pengereman ABS dan juga EBD. Sistem stability control dan juga traction control sudah disediakan oleh Toyota sehingga Anda akan semakin merasa nyaman utuk berkendara dalam mobil MPV ini.
  • Fitur hiburan

Untuk bagian hiburan, Alphard 2002 sudah dilengkapi dengan Aux, USB dan juga MP3 Player. Teknologi ini sebenarnya sudah sangat maju bila mengingat tahun keluaran mobil ini di tahun 2002. Tetapi bila masih dirasa kurang, tentunya tidak akan sulit untuk melakukan upgrade perangkat hiburan untuk mobil ini di masa sekarang. >>> Klik sini untuk membaca tulisan review Toyota Vellfire 2018 terlengkap

OPERASI  TOYOTA ALPHARD 2002

Untuk bagian dapur pacu, mobil ini tersedia dengan mesin isi silinder 2.400 cc dan juga 3.000 cc. Tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin ini cukup mumpuni untuk membawa kendaraan dengan berat lebih dari 1 ton ini. Mesin 2AZ-FE memiliki tenaga maksimal hingga 160 hp, sedangkan mesin 1MZ-FE memiliki tenaga maksimal hingga 220 hp. Bawaan mesin dari mobil ini memang ditujukan untuk kenyamanan berkendara di dalam kota sehingga tidak terlalu cocok untuk Anda yang senang dengan mesin yang berkarakter sport. Untuk bagian suspensi, penggunaan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Double Wishbone untuk bagian suspensi belakang masih menjadi andalan. Melalui sistem ini, penumpang di belakang akan lebih dimanjakan karena getaran yang minim dan lembut ketika berada di jalanan yang tidak rata.

SPESIFIKASI  TOYOTA ALPHARD 2002

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota Alphard 2002.
Spesifikasi Toyota Alphard 2002
Dimensi
Panjang 4915 mm
Lebar 1.850 mm
Tinggi 1895 mm
Jarak Pijak Depan/belakang 1575/1570 mm
Tangki bahan bakar 75 L
Mesin
Jenis Mesin 2AZ-FE 2.4 & 1MZ-FE 3.0
Isi Silinder 2,494 cc & 3.000 cc
Bahan Bakar Pertamax
Kompresi
Diameter Langkah 94.0 x 83.0 mm & 90.0 x 98.0 mm
Konsumsi bahan bakar 9-12 km/L(lurkot) & 5-7 km/L (dallkot)
Transmisi 6 Speed A/T Sequential
Torsi Maksimum 221 Nm / 4,000 rpm & 304 Nm Kgm/4,400 rpm
Daya Maksimum 160 Hp /4.000 rpm & 220 Hp /4,400 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Belakang Double Wishbone with Torsion Bar
Suspensi Depan MacPherson Strut with Torsion Bar
Sistem Rem Belakang Ventilated Disc
Sistem Rem Depan Ventilated Disc
Ukuran ban/Velg 235/50/R18

KELEBIHAN & KEKURANGAN  TOYOTA ALPHARD 2002

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.
Kelebihan Kekurangan
Interior sudah mewah Harga spare part cukup mahal
Faktor keselamatan sangat mumpuni Biaya perawatan cukup mahal
Fitur hiburan sudah cukup baik

DAFTAR HARGA  TOYOTA ALPHARD 2002

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Alphard 2002 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :
Varian Harga
Toyoyta Alphard 2002 Rp160.000.000 – Rp250.000.000
*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

KESIMPULAN  TOYOTA ALPHARD 2002

Bagi Anda yang mencari kenyamanan dan kemewahan, Toyota Alphard 2002 masih menjadi mobil yang cukup mumpuni untuk hal tersebut. Desain mewah dan nyaman sudah ada di dalam mobil ini dan tidak terlalu jauh berbeda dengan model-model lainnya yang hadir setelahnya. Untuk bagian mesin, jangan berharap Anda akan bisa bermanuver ekstrim maupun berlari sangat kencang di jalan raya. Selain karena dimensinnya yang cukup bongsor, mesin mobil ini memang didesain untukmemberikan kenyamanan daripada kecepatan. Selain itu, kekurangan terbesar dari mobil jenis ini adalah Anda tidak akan benar-benar merasa nyaman berada di bagian kemudi tanpa sopir pribadi. Karena mobil ini memang berfokus kepada kenyamanan penumpang di belakang sopir. https://youtu.be/JUD3hUwN2RU