Pertama Kalinya, Gaikindo Bakal Gelar Pameran Khusus Bus Dan Truk Bertaraf Internasional

03/01/2018| Mobilmo.com

Demi mendorong petumbuhan industri mobil khususnya di segmen komersial yang didominasi bus dan truk, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku Asosiasi resmi kendaraan bermotor di Indonesia bakal menggelar pameran otomotif bertaraf internasional khusus untuk kendaraan niaga atau komersil dengan nama Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC). 

Pameran GIICOMVEC yang merupakan pameran B to B atau Business to Business ini bakal diselenggarakan selama 5 hari mulai tanggal 1 hingga 4 Maret 2018 dengan mengambil lokasi di Jakarta Convention Center (JCC). GIICOMVEC juga bakal menjadi pameran pembuka sebelum pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi digelar pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exibithion (ICE) BSD City Tangerang Banten. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menuturkan salah satu alasan mengapa pameran GIICONVEC perlu digelar adalah membaiknya industri di sektor pertambangan, perkebunan dan harga komoditas. Selain itu juga karena prospek positif juga diperhitungkan dari meningkatnya pembangunan infrastruktur di tanah air yang jumlahnya tidak kurang dari 200 proyek.

Hino Bus RM 380 saat di GIIAS 2017 BSD City

Menurut perkiraan data statistik Frost & Sullivan, pasar otomotif di Indonesia diprediksi bakal meningkat tahun 2018 ini. Beberapa faktor yang mendukung pertumbuhan yaitu pembangunan infrastruktur, belanja pemerintah serta kegiatan operasional berbagai kegiatan di Indonesia. Sedangkan khusus untuk kendaraan komersial bus dan truk diperkirakan bakal naik 0,5 persen dari total penjualan otomotif di tanah air. Ketua III Gaikindo bidang Pameran, Rizwan Alamsjah mengungkapkan kalau pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) bakal jadi kesempatan penting buat para pemegang merek untuk menunjukkan kepada masyarakat produk dan teknologi terbaik mereka dengan tepat. Saat ini Gaikindo sudah mengantongi beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang kemungkinan besar bakal masuk di daftar eksibitor pada pameran GIICOMVEC, yaitu DFSK (Dongfeng Sokon), Daihatsu, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan Mercedes Benz Commercial. Selain para APM, pameran GIICOMVEC juga bakal diramaikan oleh para pemain industri karoseri di tanah air.

FUSO Colt Diesel terpanjang saat di GIIAS 2017

“Semoga kehadiran GIICOMVEC dapat memberikan dorongan positif bagi anggota kami dari kendaraan komersial dan industri komersial Indonesia secara luas,” harapan Rizwan.

International