Perang Diskon Awal Tahun, Jazz Menggiurkan Yaris Fantastis

03/01/2018| Mobilmo.com

Awal tahun 2018 Honda Jazz dan Toyota Yaris sepertinya akan terus bersaing sengit setelah persaingannya di segmen hatchback tahun lalu. Pada tahun 2017 Honda Jazz sukses memenangi pertarungan dengan keluar sebagai pemimpin pasar. Total penjualan mencapai 15.073 unit selama periode Januari hingga November 2017. Sedangkan kompetitornya, Toyota Yaris harus puas di posisi kedua dengan total penjualan sebanyak 10.160 unit.

Tahun ini persaingan terus berlanjut. Tidak hanya dari sisi penampilan, desain, fitur dan teknologi, para penjual pun berlomba menarik minat konsumen dari sejak awal pergantian tahun. Tidak perlu menunggu hinggal tanggal bergulir dan larut, keduanya langsung bersaing ketat memberikan tawaran menarik berupa diskon kepada konsumen yang membeli di awal tahun. Salah satu dealer Honda di kawasan Jakarta Selatan misalnya, awal tahun 2018 ini menawarkan Honda Jazz keluaran tahun 2017 dengan potongan harga sebesar Rp 25 jutaan dengan stok yang sangat terbatas. Sedangkan untuk Honda Jazz keluaran 2018 unitnya belum tersedia. "Kalau unit 2018 belum tersedia, harganya juga belum diputuskan. Jadi sementara kami jual yang 2017 dulu saja, tetapi stok terbatas sekali," tutur pramuniaga di dealer tersebut kepada salah satu media tanpa mengizinkan namanya disebutkan, Selasa (2/1/2018). Adapun untuk Toyota Yaris, menurut salah satu penjual di dealer Toyota di kawasan Jakarta Selatan juga diberikan potongan harga besar buat konsumen yang membeli unit baru keluaran 2017 awal tahun ini. Bahkan besaran diskonnya terbilang fantastis mencapai Rp 40 juta baik itu cash maupun kredit.

"Intinya masih banyak yang tahun 2017, kita habiskan dulu stoknya. Diskon itu berlaku buat konsumen yang beli kredit atau tunai," tutur tenaga penjual tersebut. Merek lain yang turut memberikan diskon buat para konsumen yang membeli unit mobil baru di awal tahun 2018 adalah Suzuki. Bagi masyarakat yang membeli unit baru Baleno Hatchback bakal diberikan potongan harga sebesar Rp 5 juta. Memang tidak sefantastis Toyota Yaris atau sebesar Honda Jazz sebab Baleno Hatchback adalah model baru yang diluncurkan pertengahan tahun 2017 lalu, namun tawaran ini dianggap sudah cukup buat memikat konsumen yang kesengsem pengin punya Baleno terbaru bertipe hatchback. "Unit 2017 tersisa sedikit lagi, jadi kami habiskan dulu. Diskonnya tidak terlalu besar, karena peminatnya juga cukup banyak," tutur salah satu tenaga penjual di dealer Suzuki itu.

Sepanjang 2017, Suzuki Baleno menjadi produk terlaris ketiga di segmen hatchback di belakang Toyota Yaris. Meski demikian Yaris perlu waspada sebab dalam beberapa bulan terakhir penjualan bulanannya berhasil disalip oleh Baleno. Ini sekaligus menjadi pertanda bahwa persaingan Yaris dan Baleno bakal ketat di tahun 2018 ini.

International