Mobil SUV Pertama Turki Dihadirkan, Target Ke Pasar Global Lho

30/12/2019| Abdul

Presiden Turki Tayyip Erdogan memang telah lama mempunyai ambisi tersebut. Begitu juga dengan partai AK yang sekarang masih berkuasa ingin menunjukkan kekuatan ekonomi negara yang mengalami peningkatan. Untuk proyek mobil listrik pertama tersebut pengelolaannya dengan melalui Konsorsium TOGG (Turkey’s Automobile Initiative Group).

Gambar ini menunjukkan peluncuran mobil SUV dan Sedan dari TOGG

Pada ajang tersebut diperkenalkan TOGG model SUV dan sedan

>>> Baca Juga, Hanya Ada 7 Unit Di Dunia, Hypercar Koenigsegg One:1 2015 Dilelang Dengan Harga Fantastis

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Erdogan mengungkapkan saat dalam upacara pembukaan, yang mana pihak Turki mempunyai tujuan untuk menjadi merek global dan tidak hanya dijual di dalam negeri, untuk perencanaannya mulai dari Eropa.

"Kita semua bersama-sama menyaksikan mimpi Turki yang berusia 60 tahun menjadi kenyataan," ujarnya, merujuk pada rencana yang gagal di masa lalu membangun mobil nasional.

"Ketika kita melihat mobil ini di jalan-jalan seluruh dunia, kita akan mencapai tujuan kita," kata Erdagon.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya pada tahun 2022 nantinya infrastruktur pengisian daya yang diperuntukkan mobil listrik sudah siap secara nasional. Setelah pidato selesai, barulah sebuah mobil SUV warna merah dan juga mobil sedan dengan warna abu-abu dikeluarkan dan dipamerkan di atas panggung dengan menggunakan label TOGG.

Perlu diketahui, bahwa di perusahaan global Turki merupakan eksportir terbesarnya meliputi Hyundai (005380.KS), Renault (RENA.PA), Toyota (7203.T), Fiat Chrysler (FCHA.MI) dan Ford (F.N).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Pihak negara juga mendukung proyek mobil listrik pertama tersebut seperti fasilitas produksinya yang dilakukan di pusat otomotif Turki dan keringanan pajak. Bahkan dari pihak Pemerintah juga mempunyai komitmen untuk melakukan pembelian 30.000 unit sampai tahun 2035.

Gambar ini menunjukkan mobil SUV merak besutan TOGG

Rencananya produksi diperuntukkan ke seluruh dunia dimulai dari Eropa

Pada pertengahan tahun 2018 Konsorsium TOGG didirikan oleh 5 kelompok industri yakni induk dari pembuat TV Vestel ( VESTL.IS), Zorlu Holding, operator telepon seluler Turkcell (TCELL.IS), Anadolu Group, BMC dan Kok Group.

Untuk soal jabatan, CEO TOGG ditempati oleh mantan eksekutif Bosch Gurcan Karakas dan Sergio Rocha selaku mantan Ceo General Motors Korea menempati posisi COO (chief operating officer). Untuk produksinya akan dilakukan pada tahun 2022 dan model pertama yang diusung adalah SUV kompak. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik, mengingat produksinya merupakan mobil listrik pertama.

>>> Beragam berita informasi dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International