Mobil Baru Jor-Joran Diskon, Mobil88 Potong Harga

12/12/2017| Mobilmo.com

"Tidak hanya mobil baru yang ada diskon, mobil88 juga ada diskon untuk mobil bekas."

Jelang pergantian tahun, upaya menggenjot penjualan dilakukan hampir seluruh merek mobil baru. Rata-rata mereka menawarkan berbagai promo menarik mulai dari uang muka rendah, cicilan ringan, bunga 0 persen, sampai dengan jor-joran diskon. Tak hanya potongan harga jutaan rupiah, tapi sampai puluhan juta. Rush dan Terios lama misalnya. Dua SUV model lama tersebut dijual dengan tawaran potongan harga antara 30 – 35 juta di bulan November 2017.

Ada juga yang mengganti diskon dengan hadiah langsung bernilai jutaan rupiah dengan harapan akan lebih memikat minat konsumen. Seperti yang dilakukan Suzuki pada Oktober 2017 lalu. Potongan besar paling banyak ditawarkan oleh para dealer untuk pembelian mobil baru segmen low cost green car (LCGC) dan low multi purpose vehicle (LMPV). Bagaimana pengaruhnya pada penjualan di pasar mobil bekas? Baik secara langsung maupun tidak langsung, berbagai promo menarik yang ditawarkan dealer-dealer mobil baru tersebut berimbas pada penjualan mobil bekas. Daya beli konsumen pada mobil bekas jadi terpengaruh mengingat mereka beranggapan akan lebih untuk bila membeli mobil baru sebab harganya lebih murah dari harga aslinya.

Salah satu kiat yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis mobil bekas adalah dengan menyesuaikan keadaan. Mereka tidak lagi kaget dengan tren semacam ini sebab selalu terjadi tiap akhir tahun. Setidaknya itulah penuturan dari Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Chief Operating Officer Mobil88. Untuk akhir tahun ini dan seperti biasa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, Mobil88 juga menyediakan program menarik buat konsumen berupa potongan harga dan hadiah lain. "Kita juga ada diskon atau hadian lain untuk konsumen yang beli mobil bekas di akhir tahun," tutur Fischer kepada kepada media, Senin (11/12/2017) kemarin.

Strategi lain Mobil88 guna menjaga persaingan dengan mobil baru tetap kompetitif adalah dengan penyesuaian harga, yaitu tetap menjaga jarak dengan harga mobil baru. Dengan begitu, konsumen tidak terfokus pada satu pilihan dan tetap mempertimbangkan untuk memilih mobil bekas karena harganya makin rendah. "Jadi otomatis kita juga menurunkan harga. Besarnya juga menyesuaikan dengan diskon mobil baru. Ada yang sampai Rp 30 juta juga, tergantung model," kata Fischer.

International