Mitsubishi Makin Mengancam, Ertiga Generasi Baru Harus Diluncurkan

27/10/2017| Mobilmo.com

Berita bakal diluncurkannya Suzuki Ertiga generasi baru di awal 2018 memang sudah santer diberitakan di media online. Beberapa foto sebuah mobil kamuflase alias tanpa indentitas sedang menjalani tes di jalanan India beredar di internet secara viral. Diyakini mobil tersebut adalah calon low MPV baru yang bakal diluncurkan Suzuki tahun depan.

Hal ini didasarkan pada apa yang pernah disampaikan GM Strategic Planning Departement Suzuki Indomobil Motor (SIM), Rhohei Uchiki. “Memang saya dengar ada rencana itu (peluncuran generasi baru Ertiga). Cuma belum pasti,” tutur Rhohei di Shinjuku Tokyo, Rabu (24/10/2017). Bila hal itu benar, bagaimana rencana pihak Suzuki untuk pasar Indonesia ? Kabar lain, Ertiga generasi baru ini bakal memiliki dimensi lebih besar dan menggunakan platform sasis Heartect seperti yang telah digunakan pada Suzuki Ignis dan Swift. Secara logika, biaya produksi ketiga mobil ini bakalan lebih kompetitif sebab komponen yang digunakan nyaris serupa.

Persaingan pasar low MPV memang semakin ketat seiring meluncurnya dua produk baru di segmen itu, Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander. Secara perhitungan dan fakta yang ada, Suzuki dengan Ertiganya masih bisa merasa aman dengan kehadiran Confero S. Wholesales mobil baru besutan pabrikan China hingga saat ini belum begitu berpengaruh pada penjualan Ertiga. Namun tidak demikian dengan Xpander. Suzuki mau tidak mau harus memutar otak mengingat Low MPV baru milik Mitsubishi tersebut berhasil menekan penjualan produk para kompetitor di segmen yang sama, ta terkecuali Ertiga. Dilihat dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga September 2017, penjualan semua model Suzuki berhasil dilampaui oleh Mitsubishi. Semua model Suzuki terjual sebanyak 81.051 unit, sementara Mitsubishi terjual sebanyak 81.498 unit dan naik ke posisi empat mobil terlaris di Indonesia.

Yang menarik, Mitsubishi sukses menyalip penjualan Suzuki setelah meluncurkan Xpander di pameran GIIAS Agustus 2017 lalu. Pada periode Januari hingga September 2017, Suzuki mencatatkan penjualan untuk Ertiga sebanyak 26.633 unit. Sementara Xpander pada data wholesales perdana atau bulan September baru tercatat sebanyak 1.096 unit. Namun, karena total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang masuk untuk Xpander sudah menembus angka 28.000 unit hingga saat ini, secara otomatis Ertiga yang jadi andalan Suzuki langsung kalah. Mau tidak mau, Suzuki harus berbenah. Ertiga yang dari peluncurannya tahun 2012 hingga saat ini belum ada perubahan berarti, harus segera diremajakan. Suzuki Ertiga generasi baru harus segera diluncurkan. Bila tidak, bukan tak mungkin posisinya di kompetisi segmen Low MPV bakal semakin terancam.

International