Mengenal Lebih Dekat All New Tourista, Medium Bus Terbaru Dari Karoseri Laksana

17/09/2017 Mobilmo.com Mobil baru

Selasa, 12 September 2017, Laksana Bus, perusahaan karoseri pembuat body bus yang berlokasi di kota Ungaran, Jawa Tengah merayakan ulang tahun yang ke 40. Di kesempatan itu, Laksana Bus sekalian meluncurkan produk baru untuk sasis ukuran medium, All New Tourista.

Selasa, 12 September 2017, Laksana Bus, perusahaan karoseri pembuat body bus yang berlokasi di kota Ungaran, Jawa Tengah merayakan ulang tahun yang ke 40. Di kesempatan itu, Laksana Bus sekalian meluncurkan produk baru untuk sasis ukuran medium, All New Tourista. Produk ini adalah pengembangan dari produk yang sudah ada, dengan mengalami banyak pembaruan dan rombakan. Pihak Laksana mengungkapkan bahwa All New Tourista yang baru ini sangat kompatibel dengan beberapa sasis ukuran medium milik Mitsubishi, Isuzu, dan juga

Lalu, seperti apa rupa bus baru All New Tourista ini? Eksterior Ada banyak yang menilai kalau tampilan bus All New Tourista terlihat modern dan lebih agresif selayaknya robot dalam film animasi Transformer. Dilihat dari desain eksteriornya, juga jelas berubah jauh dari model yang telah lebih dulu beredar, lebih simple namun elegan. Kusirin, selaku R&D Manager Laksana Bus menuturkan, bila desain lampu All New Tourista ini dibuat sendiri oleh tim R&D Laksana, meski pembuatannya dilakukan di China. Begitu juga dengan lampu bagian belakang, juga dibuat oleh tim dari pabrik Laksana sendiri.

“Lampu ini didesain 100 persen oleh tim R&D Laksana. Ini yang membuat kami menjadi karoseri pertama di Indonesia yang mendesain lampu depan dan belakangnya sendiri. Kami mendesain ini dan dibuat di China,” kata Kusririn, Rabu (13/9/2017). Rombakan lain All New Tourista dari Tourista versi sebelumnya adalah di bagian grill depan. Bila pada versi sebelumnya grill depan berupa garis garis melintang, pada All New Tourista grill dibikin seperti honeycomb atau sarang madu berbentuk segi enam. Terletak di bagian tengah diapit oleh dua buah lampu utama. Ubahan pada bentuk grill ini guna lebih memperlihatkan kesan gagah seperti konsep yang diusung. Di bagian sisi kiri dan kanan terdapat ornamen yang terbuat dari aluminium ekstrusi. Bila diperhatikan, ornamen ini seperti garis yang berkesinambungan. Di mulai dari tengah bagian depan tepat di bagian atas grill, lalu menjulur melewati sisi bagian samping kiri atau kanan dan melingkar melalui bagian belakang yang berbentuk seperempat lingkaran. Kemudian maju lagi melalui sisi satunya dan bertemu di depan bagian tengah di atas grill.

Ornamen ini tidak hanya mempertimbangkan faktor keindahan, tapi juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. “Sebagai contoh yaitu ornamen samping yang terbuat dari aluminum ekstrusi tersebut, berfungsi sebagai talang air, yang secara modular dapat dengan mudah dilepas, untuk proses penggantian kaca samping,” papar Kusririn. Interior Masuk ke bagian dalam bus, terdapat tatanan kursi dengan kapasitas maksimal 31 seat lengkap dengan berbagai fitur seperti Air Vent terbaru. Fasilitas pengeras suara atau speaker dipasang secara terintegrasi dengan Air Vent. Fasilitas hiburan juga disediakan guna memanjakan para penumpang berupa LED TV 24 inci. Terletak di bagian depan yang dilengkapi dengan pemutar DVD dan 4 speaker plus subwoofer. Tidak hanya soal kenyamanan dan hiburan, All New Tourista juga didesain dengan mengutamakan faktor keselamatan. Sudut pandang pengemudi memiliki visibilitas yang baik terhadap keadaan di sekitar kendaraan, baik di depan, sudut-sudut serta bagian samping ke belakang.

Bagi penumpang yang membawa barang bawaan banyak tak perlu khawatir. Bus ini dilengkapi bagasi barang yang memadai. Bahkan lebih luas dari umumnya bus-bus medium. Harga Berapa harga body bus medium ini dijual? Belum ada kepastian dari pihak Laksana. Direktur Keuangan, Alvin Arman mengatakan, kemungkinan All New Tourista dijual dikirasan harga Rp 300 juta.

Mungkin anda ingin baca