Mengantuk Saat Berkendara, Kopi Bukan Solusi

20/12/2017| Mobilmo.com

"Kopi bukan solusi tepat ketika mengantuk saat berkendara"

Jelang libur panjang akhir tahun, biasanya banyak yang sudah punya rencana menyambut datangnya “hari bahagia” itu. Ada yang ingin di rumah saja, banyak pula yang ingin berkunjung ke suatu tempat wisata atau menengok keluarga di lain daerah.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang ingin memanfaatkan liburan dengan jalan-jalan bersama keluarga dan orang-orang tercinta dengan kendaraan sendiri, pastikan Anda mengutamakan keselamatan. Selain memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, Anda juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta berkendaraan dengan baik.

Disamping itu, kondisi tubuh juga harus diperhatikan dan dipastikan dalam keadaan fit. Kalau tubuh sudah kelelahan ataupun mengantuk, lebih baik cari tempat untuk istirahat di tempat yang aman. Bila perlu untuk tidur, tidurlah meski hanya bebarapa saat. Jangan memaksakan diri terus mengemudi sambil menahan kantuk dan jangan mengandalkan kopi untuk tetap terjaga sebab hal itu berbahaya.

"Tips perjalanan jauh, pengendara harus merencanakan jauh-jauh hari terlebih dahulu, mereka (pengendara) harus punya manajemen perjalanan yang rapi, motor harus dalam keadaan sehat, pengendara sehat. Selain itu pengendara juga harus memiliki jalan alternatif, jika jalan utama mengalami kemacetan," tutur Andry Berlianto selaku Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs kepada salah satu media online.

Andry menambahkan, bila perjalanan menempuh jarak yang jauh pengendara harus bisa membatasi diri maksimal 10 jam dan istirahak paling tidak setiap 3 jam.

"Perjalanan jauhnya seperti apa? Baik pengendara motor dan mobil harus membatasi perjalanan 10 jam dalam satu hari. Tapi disarankan dari aspek keselamatan, setiap 3 jam harus istirahat. Karena badan sudah capek. Sehingga 3 jam perjalanan harus istirahat, karena mata kita sudah capek, melakukan peregangan badan agar lebih segar baru memulai perjalanan lagi," katanya.

Bagaimana dengan mengkonsumsi kopi?

Mengkonsumsi kopi dan energy drink sering jadi pilihan alternatif pengendara guna mengusir kantuk. Tapi apakah ini pilihan yang baik dan tepat.

"Dari sisi kesehatan kopi juga tidak disarankan, apalagi kopi instan, atau minuman energi drink. Karena ini memaju daya denyut jantung dan tidak tercover oleh tidur." jelas Andry.

International