Mau Romantis Saat Mengemudi, Menepi Saja Biar Tak Celaka

21/12/2017| Mobilmo.com

Menciptakan suasana romantis menyenangkan bisa dimana saja dan kapan saja. Terlebih saat liburan panjang, berkumpul bersama keluarga di rumah makin menambah keharmonisan. Atau berlibur ke suatu tempat, menengok saudara di pedesaan yang asri bersama orang-orang tercinta membuat suasana makin romantis. Nah, untuk yang satu ini mesti diperhatikan, terutama bagi yang melakukan perjalanan menggunakan mobil yang disopiri sendiri. Selain memastikan semua dalam keadaan baik, kendaraannya, kesehatan tubuhnya dan membawa bekal secukupnya, juga harus memperhatikan etika berkendara yang baik dan aman.

Sudah menjadi hal biasa kalau lama mengemudi bisa membuat lapar dan tenaga berkurang. Makan dan istirahat menjadi solusi mengatasi dua hal tersebut. Namun harus diingat, saat perut terasa lapar dan ingin makan, sangat disarankan untuk tidak makan pada saat sedang mengemudi, juga tidak disarankan untuk disuapin penumpang di sebelahnya.  Meskipun romantis, tapi bukan cara yang baik. Lebih baik cari tempat aman untuk berhenti, lalu makan secukupnya sembari beristirahat. Bukannya tidak boleh makan pada saat mengemudi, tapi harus dihindari sebab terkadang bisa buyar dan terganggu sehingga berpotensi celaka.

  "Kalau makanan boleh-boleh saja, tapi untuk driver-nya tidak sambil disuapin, tapi lebih baik berhenti dahulu saat makanan. Karena bisa merusak konsentrasi," tutur Andry Berlianto selaku Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, kepada media. Ketika makan, makanan yang dikonsumsi pun harus dibatasi. Usahakan makan makanan ringan saja sebab makanan berat bisa memicu datangnya rasa kantuk. Begitu pula dengan minuman, pilih air mineral sebab air yang berasa manis kadang tidak menghilangkan rasa haus dan memancing untuk terus minum. Hal ini bisa juga mengganggu sebab hasrta ingin pipis akan datang lebih sering. "Kalau bisa makan ringan saja, kalau makan berat badan akan membutuhkan proses lagi mengolah makanan. Ini bisa membuat pengendara ngantuk, dan untuk minuman disarankan air mineral saja," kata Andry.

Bagaimana jika sedang terjebak macet, apa boleh makan? Jika sedang terjebak macet juga tidak disarankan untuk makan. Pengemudi bisa menggunakan cara lain selain makan guna mengurangi rasa jenuh dan bosan seperti bermain kuis, mendengarkan musik atau yang lain sesuai selera.  

International