Mau Jual Mobil Bekas Modifikasi, Jangan Harap Dapat Harga Tinggi

27/12/2017| Mobilmo.com

Pemilik mobil memiliki karakter yang bermacam-macam. Ada yang beli mobil untuk dipakai sehari-hari sebagai transportasi pribadi, ada yang dipakai buat angkutan keluarga, teman atau saudara. Ada yang membeli mobil digunakan untuk menunjang kegiatan ekonominya alias berbisnis. Ada pula yang punya mobil selain untuk keperluan di atas juga sebagai sarana menyalurkan hobi seni, yaitu dengan modifikasi.

Mobil modifikasi Evo IV

Timbul satu pertanyaan bagaimana jika pemilik mobil dengan karakter seni mau menjual kembali mobil modifikasinya di pasar bebas, dan berapa harga yang pantas. Chief Operating Officer mobil88, Halomon Fischer menuturkan bahwa bukan rahasia lagi kalau mobil modifikasi bakal dihargai rendah bila ditawarkan di pasar mobkas. Alasannya, modifikasi dibuat berdasarkan selera dan sangat susah menemukan calon konsumen yang memiliki selera sama dengan si pembuat. Lain lagi ceritanya kalau pemilik menjual mobil bekas modifikasinya kepada perorangan yang memiliki selera sama dan tanpa perantara pasar mobkas. Pemilik biasa mendapatkan harga sesuai yang diinginkan dan disepakati.

“Jadi kami harus menjual ke orang yang seleranya sama. Kalau di mobil88 mobil hasil modifikasi akan kami standarkan lagi, agar lebih umum dan semua suka. Jadi harganya akan lebih rendah harganya, karena kami perlu biasanya untuk menormalkannya lagi,” kata Fischer kepada salah satu media, Senin (11/12/2017) lalu. Disarankan bagi pemilik mobil modifikasi, kalau ingin menjual mobilnya sebaiknya dikembalikan ke kondisi asalnya alias standar pabrik. Dengan begitu nilai jualnya akan lebih baik dari pada masih kondisi modifikasi. Pihak pasar pun lebih mudah menemukan konsumen yang berminat meminang. “Perlu diperhatikan lagi, kalau mobil sudah dimodifkasi dan tak sesuai lagi dengan spesifikasi pabrik, kecenderungannya akan ada masalah, seperti velg buat lebih besar kemungkinan suspensi bakal lebih cepet untuk diganti, malah bisa merembet ke mana-mana,” tutur Fischer. “Jadi intinya saran kami adalah buat mobil kembali seperti semula saja dulu. Kecuali mau ikut kontes, tidak apa-apa mobil rusak yang terpenting dapat hadiah,” sambungnya.

Di bursa mobil bekas mobil88 sendiri selalu menerima mobil yang dijual disana bagaimanapun kondisinya, baik yang standar maupun sudah modifikasi. Yang penting umurnya masih muda. Adapun soal harga, tergantung dengan kondisi dan perkiraan perbaikan menjadi standar pabrik.

International