Mau Cat Ulang Mobil, Ini Bedanya Di Bengkel Resmi Dan Pinggir Jalan

26/12/2017| Mobilmo.com

Yups, info penting nih buat para pemilik mobil yang mau mengecat ulang bodi alias body repair. Ada banyak sih pilihan bengkel yang menawarkan jasa cat bodi. Dari yang kelas pinggir jalan seperti para spesialis cat duco, sampai quality class seperti di bengkel resmi milik yang punya merek. Dari sisi kelebihan dan kekurangan, masing-masing jelas punya plus minus. Misal, jasa cat bodi pinggir jalan biasanya menawarkan harga jauh lebih murah dari pada yang resmi. Begitu pula dengan lama pengerjaan, biasanya lebih cepat.

Tapi kalau bicara soal kualitas, hampir bisa dipastikan bengkel cat pinggir jalan kalah dari bengkel resmi. Secara logika, pelayanan di bengkel resmi lebih terjamin. Dari mulai penggunaan cat, operasional mesin semprot sampai sumber daya manusianya yang menangani benar-benar dipilih yang punya skill. Bagaimana dengan harga? Penelusuran salah satu awak media mengungkapkan, dari dua pemilik bengkel cat bodi pinggir jalan, di Jalan Alu-alu Rawamangun, Jakarta Timur, dan di Jalan Salemba, Jakarta Pusat semua mengatakan sama. Jasa pengecatan pinggir jalan dibuka mulai harga kisaran 150 ribu hingga Rp 250 ribu untuk setiap pengerjaan. Kepastiannya tergantung dari tingkat kesulitan dan luas area body yang dicat. "Kalau hanya baret atau bekas tergores benda lain, bisa dikenakan biaya Rp 150.000-an saja. Prosesnya juga bisa ditunggu. Kalau untuk per panel beda lagi, mulai Rp 250.000 hingga Rp 350.000-an, tergantung kualitas cat dan tingkat kesulitan," kata salah satu pemilik bengkel tersebut.

Harga yang ditawarkan bengkel resmi sedikit lebih mahal. Akan tetapi secara hasil dan pengerjaan lebih terjamin. Seperti di bengkel resmi Toyota, Repair Service Manager Workshop Departement Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman menuturkan kalau tarif body repair dihitung per panel. "Mulai Rp 700.000 hingga Rp 1,5 juta. Tergantung jenis dan bahan apa yang digunakan," ucap Iwan kepada media beberapa waktu lalu. Di bengkel Mitsubishi juga demikian, harga pengecatan ulang per panelnya kisaran Rp 650 ribu hingga Rp 850 ribu.

"Kita menghitungnya harus per panel, jadi ada hitung-hitungannya. Kualitas yang kami berikan juga jelas sangat bagus," tutur Supriyono, selaku Manager Bodi dan Cat PT Sun Star Motor Mitsubish belum lama ini. Seperti apa harga dan hasilnya, keputusan tetap di tangan konsumen alias yang punya mobil.

International