Makin Gencar, Honda Buka Dealer Baru Di Seluruh Indonesia

10/11/2017| Mobilmo.com

Tinggal menyisakan waktu kurang dari dua bulan tahun 2017, Honda terus berusaha mempertahankan prestasinya di persaingan pasar otomotif dalam negeri. Menguasai market share sebanyak 17,3 persen dari Januari hingga September 2017, Honda sukses menjaga posisinya di tiga besar merek terlaris di seluruh Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT. Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy menuturkan pihaknya akan terus berupaya keras melayani konsumen yang memang sudah benar-benar percaya pada merek Honda. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tertulis selama kurun sembilan bulan dari Januari 2017 pengiriman unit mobil Honda mencapai angka 138.140 unit. “Honda dalam beberapa tahun terakhir market share-nya naik dari 10 persen ke 19 persen. Jadi untuk konsumen yang baru datang ke Honda, kami akan mencoba menjaga mereka secara baik,” tutur Jonfis kepada media, Kamis (9/11/2017) kemarin. Sudah barang tentu selain mempertahankan konsumen setianya yang sudah ada, Honda juga ingin penjualannya mengalami peningkatan di sisa hari tahun 2017 ini sehingga konsumen Honda makin bertambah. Strategi jangka panjang sudah dirancang sejak jauh-jauh hari, yaitu dengan menambah jaringan penjualan baru di daerah-daerah seluruh Indonesia. Karena dengan begitu masyarakat yang ingin memboyong produk-produk Honda bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan. Disamping itu agar konsumen baru makin merasa nyaman dengan tersedianya jaringan perawatan yang dekat dari tempat tinggal.

“Untuk tingkatkan penjualan harus tambah cabang banyak. Kota-kota kecil yang tadinya belum tersentuh sekarang kami buka dealer di sana, sehingga penjualan naik. Model baru tidak bisa langsung tingkatkan penjualan, sehingga harus buka cabang,” papar Jonfis. Di bulan Oktober ini, Honda sukses menjual sebanyak 17.032 unit untuk semua model. Secara akumulatif dari awal tahun hingga bulan ke sepuluh sudah terjual sebanyak 155.763 unit. Bila melihat data tahun sebelumnya 2016, angka ini masih minus sebanyak 7,8 persen. Namun bila dibandingkan tahun sebelumnya lagi, yaitu tahun 2015 dan 2014, angka perolehan Honda tahun 2017 ini sudah cukup jauh melampaui. PR-nya sekarang tinggal mengejar performa di tahun 2016 yang penjualannya mencapai 168.937 unit untuk periode yang sama.

Sampai saat ini, Honda telah mempunyai jaringan sebanyak 142 lokasi di seluruh Indonesia dimana yang terbaru adalah Honda Tren Alam Sutra di Jl. Jalur Sutera Barat No. 38K, Alam Sutera, Tangerang Banten (200m dari Mall @ Alam Sutera).

International