Luar Biasa, Hanya 5 Hari Penjualan Mitsubishi Xpander Capai 1427 Unit

15/08/2017| Mobilmo.com

Jauh hari saat masih berstatus konsep XM Consept, mobil ini memang sudah bikin penasaran banyak orang. Diprediksikan saat XM Consept nantinya benar-benar diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, akan menyedot banyak pengunjung. Hal itu ternyata terbukti. Sejak hari pertama mobil ini diluncurkan di GIIAS 2017, 10 Agustus 2017 lalu, respon publik benar-benar luar biasa. Mobil yang kemudian bernama Mitsubishi Xpander langsung menjadi primadona. Pengunjung rela berdesak-desakan demi melihat mobil baru yang selama ini digembar-gemborkan bakal menjadi penantang Toyota Avanza.

Yang lebih mengejutkan sekaligus bikin bangga pihak Mitsubishi tidak hanya ketertarikan masyarakat untuk melihat karena penasaran. Lebih dari itu adalah animo masyarakat untuk membeli dan memiliki Mitsubishi Xpander. Penjualan Mitsubishi Xpander melebihi ekspektasi. Tercatat lebih dari 1.400 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) dibukukan hingga hari kelima pameran. Angka ini tercatat sebagai record yang luar biasa sebab hal itu tidak pernah dialami Mitsubishi selama keikutsertaannya dalam ajang GIIAS. Di ajang GIIAS sebelumnya butuh waktu hingga 10 hari untuk mendapatkan penjualan sebanyak itu dari semua produk yang dipamerkan. "Biasanya kalau GIIAS pencapaian kami untuk seluruh tipe selama 10 hari aja sekitar 1.400 sampai 1.500 gabungan. Nah sekarang 1.400 dicapai dalam empat hari untuk satu produk aja, record yang luar biasa buat Mitsubishi," ujar IntanVidiasari, selaku Head of Public Relation Department PT MMKSI, di GIIAS, ICE, BSD, Tangerang.

Penjualan Mitsubishi Xpander terbanyak adalah hari kelima pameran GIIAS 2017. Namun, untuk tipe apa yang paling diminati belum ada yang menginformasikan. Seperti diketahui, Mitsubishi Xpander diluncurkan dalam 6 tipe dengan harga berbeda.
  • Mitsubishi Xpander Ultimate AT: Rp 245,35 juta,
  • Mitsubishi Xpander Sport AT: Rp 237,15 juta,
  • Mitsubishi Xpander Exceed AT: Rp 224,95 juta,
  • Mitsubishi Xpander Exceed MT: Rp 214,55 juta,
  • Mitsubishi Xpander GLS MT: Rp 208,55 juta, dan
  • Mitsubishi Xpander GLX MT: Rp 189,05 juta.
Berikut perincian data Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mitsubishi Xpander sampai hari kelima GIIAS 2017. Hari ke-2 tercatat pemesanan sebanyak 111 unit. Meningkat di hari ke-3 sebanyak 281 unit. Hari ke-4 Xpander dipesan lagi sebanyak 480 unit, kemudian di hari ke-5 meningkat lagi sebanyak 555 unit. Total ada 1.427 unit siap mengisi garasi masyarakat Indonesia.

Diakui oleh Intan, catatan penjualan itu adalah imbas dari rasa penasaran masyarakat untuk melihat secara langsung mobil keluarga tiga baris kursi ini. "Animo masyarakat akan produk ini luar biasa, apalagi pas weekend kemarin sampai beneran mobilnya nggak keliatan karena penuh orang semua," katanya. Menurutnya juga, kondisi semacam ini pernah dialami sebelumnya saat peluncuran Pajero Sport, hanya saja yang sekarang terjadi sungguh di luar dugaan. Ruangan konsumen boothnya sampai harus diperlebar, bahkan ada yang sampai pada booth produsen lain. "Dulu pas kami luncurkan Pajero Sport sempat penuh tapi karena produknya sudah pernah dilihat sebelumnya, jadi ya tertarik dalam kondisi normal. Nah, kalau Xpander ini beneran sampai kami harus melebarkan ruangan untuk konsumen," tambah Intan. Untuk pengiriman unit Xpander kepada konsumen yang telah tanda tangan rencananya akan dimulai bulan Oktober sampai Desember 2017. Target Penjualan Mitsubishi Xpander Tidak diinformasikan berapa target penjualan selama ajang GIIAS 2017. Adapun untuk bulan-bulan awal Mitsubishi menargetkan penjualan Xpander tidak terlalu muluk-muluk, yaitu 3.000 – 4.000 unit per bulan. Peningkatan akan disesuaikan dengan permintaan pasar.

International