Jalin Kerja Sama Dengan Vietnam Soal Mobil Listrik, Mitsubishi Berharap Keberuntungan

22/01/2018| Mobilmo.com

Salah satu anggota aliansi besar Nissan - Renault, Mitsubishi resmi melakukan kerja sama dengan pemerintah Vietnam dalam hal penelitian serta pengembangan mobil listrik. Vietnam yang saat ini sedang bergairah dalam hal ekonomi memang butuh dorongan dari berbagai pihak guna meningkatkan industri otomotif di negaranya. Di sisi lain, Mitsubishi yang sedang gencar-gencarnya mengembangkan mobil listrik berharap bisa memperoleh keuntungan dari segmen kendaraan green car yang diprediksi bakal terus tumbuh di masa mendatang.

Mobil listrik Mitsubishi e-Evolution Concept di Tokyo Motor Show 2017-Tampak depan

Sebelum ke Vietnam, beberapa waktu lalu Mitsubishi resmi menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pengembangan mobil listrik dengan menghibahkan 10 unit mobil listrik agar bisa digunakan dalam peneilitian. Di Vietnam, produsen berlogo tiga berlian asal Jepang tersebut berencana bakal memproduksi mobil listrik di ibu kota, Hanoi. Baca : Tak Hanya Nissan E-Power, Mobil Electrik Mitsubishi Juga Bakal Ditest Vietnam memang sedang mengalami tren positif dalam bidang otomotif. Terbukti dengan makin meningkatnya mobil-mobil kelas medium. Tentu saja, meningkatnya jumlah kendaraan diikuti dengan meningkatnya polusi udara dari asap knalpot sebab saat ini hampir semua mobil masih menggunakan bahan bakar minyak bumi. Karenanya, mau tidak mau pemerintah Vietnam harus membuat terobosan agar polusi di negaranya bisa berkurang. Salah satunya dengan pengembangan mobil listrik. Apa yang bakal dipelajarai oleh pemerintah Vietnam bersama dengan Mitsubishi adalah mencari formula terbaik kendaraan listrik dengan pertimbangan kondisi jalanan Vietnam, kondisi lalu lintas yang ada serta ketersediaan charging station atau infrastruktur pengisian. Sebelum ke arah itu semua, Mitsubishi bakal mengaspalkan lebih banyak mobil ramah lingkungan, Outlander Plug-In Hybrid.

Mobil listrik Mitsubishi e-Evolution Concept di Tokyo Motor Show 2017-Tampak samping

Baca : Ada Masalah, Mitsubishi Recall 17.064 Unit Outlander Sport Di Indonesia Selain Mitsubishi, perusahaan lain yang juga turut dalam pengembangan mobil listrik adalah Vingroup JSC, perusahaan real estate terkemuka yang juga produsen mobil nasional pertama di Vietnam. Vietnam menargetkan negaranya menjadi negara industri pada tahun 2020 dimana salah satu pilar utamanya adalah industri otomotif. Tahun 2016 penjualan mobil baru mencapai 300.000 unit. Tahun 2017 mengalami penurunan sebesar kurang lebih 10 persen dengan total penjualan sebanyak 272.750 unit. Makin bertambahnya orang-orang kaya dan menengah yang membeli mobil, pemerintah disana berharap tahun 2018 ini penjualan mobil bakal meningkat. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam memproyeksikan penjualan mobil baru bisa mencapai angka 600.000 unit pertahun pada tahun 2025 mendatang atau naik dua kali lipat.

Mobil listrik Mitsubishi e-Evolution Concept di Tokyo Motor Show 2017-Interior

Baca :

International