Honda All New Jade RS – Pesaing All New Kijang Innova 2016

05/08/2017| Mobilmo.com

Demi memenuhi kepuasan konsumen PT Honda Prosect Motor (HPM) dalam memilah milih MPV akhirnya mengerucutpada dua model terbaru. Salah satunya adalah All New Jade RS yang mungkin bakal menjadi saingan All New Kijang Innova 2016. Mobil MPV enam penumpang Honda Jade RSmemiliki desain yang mirip dengan generasi terbaru Honda stream, mobil yang cocok untuk keluarga yang pernah jaya dan bahkan sampai saat ini harga bekas mobil Honda Stream masih dihargai tinggi.

Desain konsep All New Jade RS menghadirkan kenyamanan dan juga fungsionalitas kelas minivan namun bodi serendah sedan. Platform rendah dan padat menjadi ciri khas tersendiri dimana komponen-komponen pada bagian bawah dirancang seringas dan seefisien mungkin. Konfigurasi bangku sebanyak tiga baris akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi penumpang. Pada baris depan misalnya, dapat menikmati pengalaman dengan visibilitas terbaik bagi pengendara. Sementara itu, di baris keduajuga mendapatkan area pandang depan yang cukup nyaman berkat mekanisme seat sliding. Sedangkan di baris ketiga atau bangku duduk paling belakang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan. Dapur pacu Honda All New Jade RS menggunakan mesin VTEC Turbo generasi terbaru dengan kapasitas 1.500 cc. meskipun tampak kecil namun pihak Honda mengklaim performanya tak kalah dengan mobil bermesin 2.000 – 2.500 cc. Bahkan Honda juga mengklaim irit bahan bakar yang mencapai 18 kpl.

Platform Honda All New Jade RS

Demi menghasilkan ruang kabin yang lapang tanpa meninggalkan bodi mobil yang rendah, platform rendah dan juga padat diterapkan pada All New Jade RS. Tangki bensin dan juga sistem pembuangan juga dibuat lebih ringkas dan tipis. Suspensi double wishbone digunakan demi menciptakan lantai serendah mungkin. Sementara itu, untuk lantai datar dibagian tempat duduk belakang terwujud berkat adanya upper arm dari suspensi depan yang melengkung. Adapun untuk ukuran tinggi mobil hanya 1.530 mm. dengan ini All New Jade RS sangat kompatibel dengan sebagian besar garasi bertingkat. Sedangkan untuk panjangnya mencapai 4.650 mm.

Desain interior dan fitur unggulan Honda All New Jade RS

Mobil Honda All New Jade RS sudah dilengkapi dengan panel simetris yang memanjang dari balik roda kemudi hingga bangku penumpang depan. Selain itu juga sudah dihiasi dengan dekoratif yang bermotif perak demi menciptakan kesan yang sangat mewah. Desain tampilan dan tekstur materi interior All New Jade RS menggunakan bahan premium anti noda dan mudah dirawat.

Fitur unggulan All New Honda Jade RS sudah dilengkapi dengan teknologi modern, Honda Sensing. Sistem tersebut mampu mendeteksi keadaan sekitar,termasuk ketika ada pejalan kaki ataupun objek berbagai ukuran dalam radius 60 meter di depan. Selain itu Jade RS juga dilengkapi dengan sistem Lane Watch yang berfungsi untuk menampilkan gambar kondisi sekitar secara langsung dari kamera yang terpasang dibagian bawah spion. Piranti keamanan berkendara menjadi prioritas tersendiri bagi Honda, dimana fitur-fitur keamanan yang dibekalkan pada Honda Jade RS juga sudah cukup lengkap, mulai dari Vehicle Stability Assist (VSA), Hill-Start Assist, dan Emergency Stop Signal (ESS). Semua fitur kemanan yang canggih juga diterapkan pada Honda All New Jade RS semua tipe. Honda All New Jade RS di Jepang dijual seharga 2,53 juta yen atau sekitar Rp. 281 jutaan. Andai saja mobil ini benar-benar didatangkan di tanah air maka perkiraan harga Honda All New Jade RS di Indonesia akan menyentuh Rp. 300 jutaan dan dipastikan juga menjadi pesaing All New Kijang Innova 2016 yang cukup menarik minat konsumen Toyota di Indonesia.

International