Hasil Test Uji Tabrak Kia Picanto Dapat Nilai Jeblog

05/08/2017 Mobilmo.com Mobil baru

Otoritas yang menilai tingkat keselamatan mobil baru melalui uji tabrak,  New Car Assessment Programme for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), belum lama ini telah merilis hasil tes mobil Kia Picanto. Sebanyak tujuh mobil yang telah diuji pada kuartal 2 tahun ini, hanya Kia Picanto ( Kia Morning Di korsel dan Vietnam), dan Hyundai EON, yang memperoleh rating atau penilaian paling buruk.

Otoritas yang menilai tingkat keselamatan mobil baru melalui uji tabrak,  New Car Assessment Programme for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), belum lama ini telah merilis hasil tes mobil Kia Picanto.

Sebanyak tujuh mobil yang telah diuji pada kuartal 2 tahun ini, hanya Kia Picanto ( Kia Morning Di korsel dan Vietnam), dan Hyundai EON, yang memperoleh rating atau penilaian paling buruk. Keduanya tidak mendapatkan skor sedikitpun untuk kategori AOP ( keselamatan penumpang Dewasa) dan hanya memperoleh satu bintang saja di kategori COP (keselamatan penumpang anak ). Adapun perolehan nilai AOP mobil Kia Picanto hanya sebesar 1,46 poin dari maksimal angka 16 poin. Sementara untuk perolehan COP-nya hanya memperoleh 27 persen atau setara dengan 1 bintang. Beberapa faktor yang menjadikan Uji Tabrak Kia Picanto memperoleh nilai yang jeblog diantaranya adalah, mobil tersebut tidak memiliki beberapa fitur keamanan yang bisa dijadikan acuan penilaian, mulai dari seatbelt reminder, airbag, ABS, serta stability control. Uji tabrak Kia Picanto tersebut dilakukan pada tanggal 14 April yang lalu. adapun model mobil yang diuji berasal dari Negara Indonesia yang dirakit tahun lalu. yaitu Kia Picanto Varian 1,0 liter bensin dengan transmisi manual. Model ini memang tidak memiliki airbag sama sekali. Selaku Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim menuturkan bahwa Kia Picanto rakitan Indonesia adalah kendaraan yang kedua yang memperoleh nilai nol sejak ASEAN NCAP berdiri. Kendaraan lainnya yang tidak mendapatkan poin sedikitpun adalah Kia Picanto produksi Thailand ( pada pengujian tahun 2014). "Hasil ini menunjukkan pentingnya mobil yang tidak hanya dilengkapi setidaknya oleh frontal airbag, tetapi juga struktur mobil yang tetap stabil dalam kecelakaan," kata Khairil. Struktur mobil Kia Picanto dianggap tidak stabil jika dibandingkan dengan kendaraan lain. Hal ini disimpulkan dari beberapa mobil yang ditest pada periode yang sama. Hasilnya, hanya Kia Picanto yang pada pintu pengemudinya terbuka ketika momen tabrakan berlangsung.

Mungkin anda ingin baca

  • Siap Meluncur di GIIAS 2019, Ini Target Suzuki Jimny

    Siap Meluncur di GIIAS 2019, Ini Target Suzuki Jimny

    17/06/2019

    Pertanyaan muncul pasca PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan sinyal peluncuran Suzuki Jimny terbaru di GIIAS 2019, berapa target penjualan untuk mobil legendaris ini.

  • Benarkah Suzuki Siapkan Mobil Baru MPV Dengan Sentuhan SUV?
    Mobil baru Abdul

    Benarkah Suzuki Siapkan Mobil Baru MPV Dengan Sentuhan SUV?

    14/06/2019

    Persaingan mobil di berbagai segmen semakin ketat, seperti di kelas MPV yang sekarang sedang naik-naiknya. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan pengendara dan banyak produsen mengeluarkan produk terbaru. Di segmen SUV juga tidak kalah, pasalnya kelas ini menjadi salah satu yang digemari di dunia. Jadi tidak heran beberapa pabrikan merilis produk terbaru untuk menggebrak pasar ini. Bahkan dari pihak Suzuki siapkan mobil baru yang akan diterjunkan di segmen SUV.

  • Uji Tabrak Toyota Alphard Oleh JNCAP Mendapatkan Bintang 5
    Mobil baru Abdul

    Uji Tabrak Toyota Alphard Oleh JNCAP Mendapatkan Bintang 5

    13/06/2019

    Toyota Alphard merupakan salah satu mobil MPV kelas premium yang mempunyai beragam fitur dan tidak diragukan lagi kenyamanannya. Bahkan baru-baru ini telah dilakukan uji tabrak Toyota Alphard dan mendapatkan bintang lima. Untuk pengetesannya dilakukan oleh pihak JNCAP (Japan New Car Assessment Program).