Hanya Diproduksi 150 Unit Inilah Yang Baru Dari Toyota Avanza Limited Edition

14/08/2017| Mobilmo.com

Pameran otomotif Gaikindon Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City Tangerang telah berjalan beberapa hari. Aroma persaingan masih sangat terlihat di berbagai segmen kendaraan yang ditawarkan. Mitsubishi Xpander jadi salah satu primadona yang membuat ajang otomotif terbesar itu penuh sesak. Hampir semua yang hadir memiliki motif yang sama saat berkunjung ke booth mobil berlogo tiga berlian tersebut, yakni penasaran. Mobil baru small MPV tujuh penumpang tersebut memang menarik perhatian karena desainnya yang futuristik, lain dari pada yang lain. Benar-benar segar dan berbeda. Kehadirannya seolah memberi warning pada kompetitor untuk tidak terlena dalam kenyamanan karena status penjualan mereka yang jauh di atas awan. Toyota, salah satunya. Meski diakui GIIAS 2017 ini bukan miliknya, dia tidak ingin konsentrasi publik terfokus pada kehadiran Mitsubishi Xpander. Toyota tetap berupaya memecah perhatian pengunjung agar ekor matanya tidak hanya melirik pada boothnya, tapi juga melihat, mendekat, menjajal, kemudian membuat deal transaksi. Demi hal itu PT. Toyota Astra Motor (TAM) tidak tinggal diam. Selain produk baru diluncurkan yaitu Toyota Voxy yang memang membidik kelas menengah ke atas, PT. TAM juga meluncurkan model khusus dan konsep, yaitu, New Fortuner TRD, Toyota Avanza Limited Edition dan Toyota C-HR versi produksi.

Toyota Avanza Limited Edition adalah edisi khusus yang dibuat dalam jumlah yang terbatas, yaitu 150 unit. Tujuan utamanya untuk mengetahui ke arah mana trend pasar. Hal itu disampaikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM) di Tangerang. "Kita cuma buat 150 sekaligus kita mau tahu tren pasar ke arah mana, ini sebenarnya sudah diperlihatkan ke customer IIMS lalu dan responsnya bagus. Kita kan punya arahan atau directionnya modern prestigious kita harapkan dengan limited itu bisa keluar lagi," Meskipun dibuat dan dijual dalam jumlah terbatas, PT. TAM tidak banyak melakukan perubahan dari versi sebelumnya. Hanya yang terlihat begitu mencolok adalah perubahan pada bagian eksteriornya. "Yang jelas front bumper, rear bumper berubah terutama di bagian bawah sebelah depan itu dipasangkan yang Limited Version, itu beda harga Rp 10-11 juta," tambah Fransiscus.

>>> Jual beli Toyota Avanza bekas

Seperti apa rupa Toyota Avanza Limited Edition ini?

Dilihat dari penampilan luar bagian depan, langsung terlihat ada yang berbeda dengan mobil ini. Bodynya tampak lebih sporty dengan hiasan warna hitam di bagian bumper. Pada bagian Foglamp atau lampu kabut yang berada di bagian kiri kanan bumper tidak lagi terlihat sendirian. Ada strip lampu Daytime Running Light (DRL) berupa LED di bagian bawahnya.

Penambahan atau perubahan lain yang terlihat pada Avanza Limited Edition adalah body-colored door mouldings, side skirts dan knalpot berlabur warna krom serta bumper bagian belakang yang terlihat sporty.

Untuk interior, satu-satunya penambahan yang dilakukan adalah adanya sistem hiburan di bagian kursi belakang. Meliputi semua fitur set dari tipe 1.5 G seperti touchscreen 7 inci yang bisa streaming via bluetooth, EBD dan ABS, side impact beam, dual airbag serta immobilizer smart key. Kursi belakang juga bisa dengan mudah dilipat untuk memberikan luang lapang saat membawa barang dalam jumlah cukup banyak. Toyota memprediksi, varian terbatas dari mobil sejuta umat ini bisa habis dalam waktu satu bulan. "Dua bulan tapi kelihatannya satu bulan sudah habis," pungkas Fransiscus Soerjopranoto. Apakah Mistubishi Xpander benar-benar akan menurunkan status Avanza sebagai mobil paling laris di Indonesia, atau Avanza yang akan makin kokoh meski semua kompetitor berusaha menjegal. Waktu yang akan menentukan. Toyota Avanza Limited Edition dibanderol harga Rp 231.5 juta kalau ingin membawa pulang, sedangkan Mitsubishi Xpander hanya Rp 189 juta – 246.8 juta saja.

International