Ground Clearance Datsun Cross Lebih Tinggi Dari Go+ Panca. Masih Limbung?

23/01/2018| Mobilmo.com

Memiliki Ground Clearance Lebih Tinggi Dari Go+ Panca, Datsun Cross Diprediksi Masih Limbung. Benarkah?

Nissan sudah meluncurkan model ketiga merek Datsun di Indonesia, Cross. Memiliki tampilan depan yang jauh beda dengan dua pendahulunya, Go Panca dan Go+ Panca, Datsun Cross masih menyisakan beberapa kemiripan dengan dua saudaranya tersebut. Pertama mesin yang sama untuk varian transmisi manualnya. Kedua masih menggunakan platform Datsun Go+ Panca. Untuk yang kesamaan yang kedua, walau masih menggunakan platformnya Go+ Panca, Datsun mengaku masih perlu beberapa pengembangan.

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia,
Eiichi Koito memberikan presentasi pada acara peluncuran Datsun Cross (18/1/18)

Baca Datsun Cross memiliki ground clearance lebih tinggi dibanding Go Panca dan Go+ Panca. Dua saudaranya tersebut hanya punya tinggi ground clearance 170 mm, sementara Cross memiliki ground clearance 200 mm. Punya ground clearance lebih tinggi tentu menimbulkan tanda tanya soal body roll alias limbung. Nobuyuki Kawai selaku Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor menuturkan kalau body roll Datsun Cross sudah sangat minim dan mengecil. “Suspensi sudah juga disetel, meski pusat gravity dan ground clearance naik tapi kami develop supaya body roll (limbung) Cross menjadi lebih minim,” kata Kawai, Kamis (18/1/2018) di sela-sela acara peluncuran Datsun Cross di Kota Kasablanka Jakarta Selatan.

Desain lampu depan Datsun Cross

Beberapa bagian yang juga mengalami ubahan selain dari desain lampu depan, ground clearance dan yang lain, Datsun Cross memiliki suspensi ganda dengan pivot ganda arm. Pada bagian belakang disematkan twist beam terbaru. Hal ini diklaim pihak Nissan - Datsun makin menambah kenyamanan saat dikendarai. Baca : Untuk dimensi, Datsun Cross memiliki dimensi tinggi serta panjang 1.560mm, lebar 1.670mm, panjang 3.995mm dengan jarak sumbu roda berada di angka 2.450 mm. Dengan dimensi tersebut radius putar turn U compact cross ini hanya 4,5 meter saja. Dengan begitu, mobil ini lincah saat berada di jalan raya maupun mengaspal di jalan perkampungan.

Bumper depan Datsun Cross 2018

Kapasitas tempat duduk yang digunakan menggunakan konfigurasi 5+2. Tambahan +2 dimaksudkan kalau kursi yang terletak di baris ketiga tidak disarankan untuk penumpang yang memiliki tinggi badan lebih dari 159 cm. Dalam rilis resminya disebut kalau jok paling belakang tersebut diperuntukkan bagi anak-anak atau dewasa yang berpawakan pendek.

International