Fokus Pasar Dalam Negeri, Datsun Cross Belum Akan Diekspor

20/01/2018| Mobilmo.com

18 Januari 2018, PT Nissan Motor Indonesia resmi meluncurkan Datsun Cross sebagai model ketiga setelah Go Panca dan Go+ Panca. Tidak hanya kehormatan buat Indonesia sebagai world premiere sebelum diluncurkan untuk pasar global, Indonesia juga jadi tempat lahirnya flagship Datsun tersebut. Mulai dari desain, pengembangan sampai pada produksi semuanya dilakukan dalam negeri.

Datsun Cross tampak Depan samping

Meski mengusung mesin yang sama dengan yang dipakai Datsun Go untuk tipe transmisi manual, Datsun Cross enggan disebut sebagai LCGC atau digolongkan mobil murah. Banyak faktor lain yang membuat Datsun Cross tidak masuk golongan mobil murah mulai dari sisi fitur, desain, spesifikasi dan juga teknologi transmisi. Baca : Datsun Cross transmisi manual dijual dengan harga Rp 163 juta, untuk yang trasmisi CVT dijual dengan harga Rp 175 juta. Sementara Datsun Go dan Go+ dijual antara Rp 114,4 juta hingga Rp 135,15 juta. Semua harga di atas adalah untuk pasar dalam negeri.

Desain belakang Datsun Cross

Bagaimana dengan pasar negara lain? Baik Nissan Motor Indonesia maupun Datsun Asia Pasific tidak memberikan penjelasan mengenai harga jual Datsun Cross di pasar negara lain. Alasannya sederhana, saat ini masih fokus untuk pasar dalam negeri. Pasar ekspor memang masuk dalam planning, tapi bukan dalam waktu dekat. Untuk ke arah sana masih mempelajari situasi pasar dengan segala kemungkinan yang bakal dihadapi. “Pada saat ini tidak, kami masih belum memiliki rencana itu sekarang. Produk ini diluncurkan dan bakal dijual juga di Indonesia. Jadi terkait dengan ekspor atau di jual di pasar lain masih belum,” tutur Vincent Wijnen, selaku Head of Marketing and Sales, Asia-Oceania, Kamis (18/1/2018).

Dashboard Datsun Cross

“Seperti yang kalian bayangkan, kalau kami terus melihat bagaimana caranya untuk sebaik mungkin mengoptimalkan industri kami. Jadi bukan berarti hal tersebut tidak akan terjadi di masa depan, tapi yang pasti tidak untuk saat ini,” sambungnya. Dengan resminya diluncurkan, konsumen yang tertarik memiliki si Mata Elang Datsun Cross sudah bisa memesan di dealer Nissan Datsun terdekat. Adapun mengenai pengiriman unit baru akan dimulai bulan Maret 2018.

International