Ditunggu-tunggu Kehadirannya, Nissan Xpander Belum Juga Muncul

06/02/2019 Fatchur Sag Mobil baru

Digadang-gadang kehadirannya di jagat otomotif Indonesia, Nissan Xpander belum juga muncul. Bahkan hingga saat ini 'orang-orang dalam' Nissan maupun Mitsubishi juga enggan membocorkan informasi meski hanya sedikit.

Sejak tahun lalu kabar bakal ada mobil Nissan berplatform Mitsubishi Xpander sudah santer terdengar. Bahkan gaungnya makin kencang kala mendekati akhir tahun. Gambar-gambar rekayasa bermunculan di dunia maya mencoba menebak-nebak seperti apa desain Nissan Xpander ini. Namun hingga saat ini belum ada bocoran soal seperti apa model mobil baru ini dan kapan diluncurkan.

Gambar rekayasa Nissan Xpander

Gambar rekayasa Nissan Xpander bermunculan di dunia maya (Detik)

Yang terbaru, Director of Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Michimasa Kono juga enggan memberikan jawaban lebih rinci terkait peluncuran Nissan Xpander saat ditanya awak media. "Saya tidak dalam posisi yang tepat untuk membicarakan mengenai rencana Nissan tersebut, hingga saat ini saya tidak tahu," kata Kono seperti dikutip dari detikOto, (2/2/2019).

Seperti diketahui, akhir-akhir ini penjualan Nissan kurang menggembirakan. Data penjualan tahun 2018 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Nissan menduduki peringkat ke 11 di jajaran merek mobil terlaris di Indonesia. Kalah dari rekanannya sendiri, Datsun dan merek China Wuling. Sepanjang 12 bulan di 2018 penjualan Nissan hanya sebanyak 6.885 unit. Sementara Datsun pada periode yang sama berhasil menjual sebanyak 10.433 unit kendaraan dan Wuling menjual sebanyak 17.002 unit kendaraan.

>>> Sudah Naik di Bulan Januari, Harga Mitsubishi Xpander Naik Lagi di Bulan Februari

Seorang model berpose bersama Nissan Terra

Kehadiran Nissan Terra belum banyak mendongkrak penjualan Nissan Indonesia

Nissan pun tengah berupaya bangkit, salah satunya dengan berencana meluncurkan mobil baru bergenre low MPV pada 2019 ini seperti pernah diungkap Nissan beberapa waktu sebelumnya. "Kita memang pernah mengumumkan akan mengeluarkan mobil baru (LMPV) karena memang itu salah satu strategi kita. Cuma sekarang informasinya saat ini tidak bisa lebih dari itu," tutur Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani beberapa waktu lalu.

Soal pemakaian platform Xpander seperti pernah disampaikan petinggi Mitsubishi Indonesia beberapa bulan silam juga diamini oleh Hana sebab mereka adalah aliansi. Sama dengan si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menggunakan platform sama. "Ya, bisa seperti itu. Ada 3 strategi yang kita miliki, pertama adalah product offensive dimana kita akan meluncurkan produk-produk baru di Indonesia termasuk SUV maupun MPV," katanya.

Bisa dipastikan jika rencana besar menghadirkan Nissan Xpander ini terealisasi, persaingan segmen low MPV bakal makin seru dan menarik perhatian. Terlebih para kompetitor sudah mulai menghadirkan jagoan-jagoan barunya agar tetap kompetitif seperti All New Ertiga, New Avanza dan Grand New Xenia. Dan sebentar lagi kabarnya juga bakal ada pembaruan Honda Mobilio. So, kehadiran Nissan Xpander sangat ditunggu-tunggu.

>>> Tak Hanya Mitsubishi, Suzuki Juga Siap Hadapi Avanza-Xenia Baru

Foto Mitsubishi Xpander tampak samping depan

JIka terealisasi, Nissan Xpander juga harus bersaing dengan Mitsubishi Xpander

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca