Datsun Go-Cross Bakal Jadi LCGC Kedua Yang Punya Transmisi CVT Selain Brio Satya

11/01/2018| Mobilmo.com

Datsun Go-Cross Bakal Jadi Model Kedua Yang Punya Transmisi CVT Selain Brio Satya

Kabar bakal diluncurkannya Datsun Go-Cross makin santer di media. Model yang sempat tampil di pameran Tokyo Motor Show 2015 dan berlanjut pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 tersebut bakal launching secara resmi tanggal 18 Januari 2018 mendatang.  Indonesia mendapatkan kehormatan sebab bakal menjadi tempat world premiere model baru tersebut. Baca : Sebuah Kehormatan, World Premiere Datsun Go Cross Bakal Dilakukan Di Indonesia

Datsun Go-Cross bakal menggunakan mesin yang sama digunakan pada Datsun Go+ yaitu mesin bensin 1.00 cc 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga  68,9 PS di 5.000 rpm dan torsi 104 Nm. Dari sisi mesin boleh sama dengan saudaranya tersebut. Namun model ketiga Datsun di Indonesia tersebut memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki Datsun Go maupun Datsun Go+, yaitu pada pilihan transmisi. Jika Datsun Go dan Go+ hanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan saja, Datsun Go-Cross bakal sudah ada pilihan transmisi otomatis Continuously Variable Transmission (CVT). Eiichi Koito selaku Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia mengklaim bahwa pilihan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) ini bakal menghadirkan sensasi baru berkendara di jalanan Indonesia sebab lebih halus, nyaman dan hemat bahan bakar. "Cross mengadopsi keunggulan teknologi canggih CVT Nissan," tutur Koito dalam keterangan resminya, Rabu (10/1/2018).

Koito menambahkan, dengan menggunakan tranmisi otomatis CVT, perpindahan gigi akan terasa mulus dengan rasio perpindahan persneling yang efektif. Ini berbeda dengan transmisi matik biasa atau konvensional yang memakai rasio gigi tetap. "Dibanding dengan matik konvesional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, nyaman, dan efisien," tambahnya. Soal harga, masih menjadi rahasia perusahaan. Bocoran yang beredar Datsun Go-Cross bakal dijual di kirasan harga Rp 160 jutaan alias antara Rp 150 juta hingga Rp 170 juta. Terdengar jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan pendahulunya, Datsun Go dan Datsun Go+ yang dijual antara Rp 114,4 juta hingga Rp 135,15 juta. Namun harga ini terbilang wajar mengingat Datsun Go-Cross secara desain, fitur, spesifikasi dan transmisi jauh di atas Datsun Go+. Baca : Dijual Rp 160 Jutaan, Datsun Go-Cross Kemahalan? Saat ini saja, baru ada satu model LCGC yang sudah menggunakan transmisi otomatis CVT yaitu Brio Satya tipe E. Mobil hemat energi andalan Honda tersebut dijual dengan harga Rp 151.5 juta.

International