Dari Kota Kecil Ungaran, Produk Karoseri Laksana Makin Mendunia

15/09/2017 Mobilmo.com Mobil baru

Hebat, tidak hanya digunakan untuk industri otomotif dalam negeri, produk-produk karoseri Laksana asal Ungaran Jawa Tengah juga diekspor ke mancanegara. Salah satunya Republik Kepulauan Fiji.

Hebat, tidak hanya digunakan untuk industri otomotif dalam negeri, produk-produk karoseri Laksana asal Ungaran Jawa Tengah juga diekspor ke mancanegara. Salah satunya Republik Kepulauan Fiji. Negara di wilayah timur Indonesia tersebut sudah cukup lama mempergunakan produk dari Laksana, tepatnya sejak tahun 2009. jumlahnya hingga saat ini mencapai lebih dari 200 unit. Jumlah yang cukup lumayan mengingat negara tersebut adalah negara kepulauan kecil dengan populasi penduduk yang tidak terlalu besar. “Menyoal ekspor sendiri, kami sudah berhasil melakukannya ke Kepulauan Fiji, di mana sampai saat ini pengirmannya sudah sampai 200 unit lebih sejak 2009. Dua hari lalu saja, kami juga baru mengirimkan empat atau lima bus ke sana,” ucap Stefan selaku Direktur Teknik Laksana Bus, Selasa (12/9/2017).

Selain Kepulauan Fiji, Laksana juga mengekspor produknya ke negara lain di Asia, seperti India dan Bangladesh. Ke depan ekspansi ke pasar mancanegara akan lebih ditingkatkan, meski hal tersebut tidak mudah dan memerlukan berbagai upaya. Stefan mengungkapkan, untuk menembus market negara lain memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada upaya dan kerja keras yang perlu dilakukan. Selain tetap memprioritaskan kualitas, juga harus bisa menyesuaikan diri dengan aturan negara tujuan. Sebab regulasi perdagangan satu negara dengan negara lain tidak selalu sama. “Memang marketnya tidak besar. Tentunya regulasi masing-masing negara cukup ketat, jadi tidak semudah memproduksi baju. Jika ingin mengikutinya, kami harus melakukan perubahan, tanpa komitmen yang penuh maka akan sulit,” tutur Stefan. Untuk pasar India dan Bangladesh sudah dilakukan ekspor, dan nampaknya akan semakin terbuka lebar pasar di sana mengingat adanya kerjasama karoseri Laksana dengan produsen-produsen bus seperti Hino dan Scania.

Negara-negara lain yang sedang digarap untuk jadi sasaran ekspor adalah benua Afrika. Walapun secara detail, Laksana belum bisa memberikan detail informasi mengenai wilayah mana, negara mana yang dituju, serta seberapa besar potensinya. Sebagai informasi pembuka, kemungkinan besar model yang akan dipasarkan di wilayah Afrika adalah model Discovery Bus yang memiliki ukuran besar. “Iya kami juga sedang mengupayakan juga, dan semoga dalam waktu dekat kami bisa masuk juga ke Afrika. Rencananya untuk model bus besar Discovery. Soal potensi pasarnya masih belum tahu, yang pasti sedang kami garap,” ungkap Alvin selaku Direktur Keuangan Laksana Bus. Karoseri Laksana adalah salah satu produsen body kendaraan yang berusia cukup lama, lebih dari empat puluh tahun. Dalam kurun waktu tersebut, sudah ribuan karya diproduksi, terutama untuk pasaran dalam negeri. Body bus merupakan salah satu tulang punggung penjualan. Yang cukup istimewa dari karoseri Laksana adalah semua produk dan model body bus dari mulai riset, desain interior, desain eksterior, kontruksi, engineering hingga menjadi wujud nyata dibuat oleh anak-anak negeri alias karya lokal. Karoseri Laksana memiliki tim R&D yang beranggotakan putra-putra terbaik bangsa. Hal ini sekaligus untuk menunjukkan bahwa anak-anak negeri kita juga sebenarnya mampu membangun kreasi yang bertaraf internasional. “Kami sudah komitmen seperti yang disebut Stefan Arman Direktur Teknik, di mana kami harus membuat desain sendiri, jadi kalau ada yang mau cari model tersebut hanya di Laksana. Di dalam divisi R&d, dipecah lagi soal eksterior dan interior, engineering (kontruksi bagasi dan konstruksi interior),” kata Kusririn selaku R&D Manager Laksana Bus, Rabu (13/9/2017).

Bus MetroTrans produksi Karoseri Laksana

Demi meningkatkan skill dan melihat lebih jauh market global yang sedang trend, tim R&D karoseri Laksana sering berkunjung ke mancanegara untuk mencari patokan. Yang paling sering adalah ke negeri tirai bambu, China dan Brazil. Hal itu juga bagian dari upaya agar produk karoseri Laksana tidak ketinggalan trend di pasaran global. Dan juga bagian dari usaha agar produk yang dihasilkan dari kota kecil di Jawa Tengah ini dikenal sampai luar negeri. Luar biasa …

Mungkin anda ingin baca