Daihatsu Sirion 2018 Siap Memantaskan Diri di Pasar Small Hatchback

23/11/2017 Mobilmo.com Mobil baru

Daihatsu Sirion 2018 bakal kembali menghiasi pasar small hatchback tahun depan. Kembaran Perodua Myvi ini masuk di kelas yang sama dengan Toyota Etios, Kia Picanto, Suzuki Ignis, Chevrolet Spark dan Hyundai Grand i10.

Daihatsu Sirion 2018 bakal kembali menghiasi pasar small hatchback tahun depan. Kembaran Perodua Myvi ini masuk di kelas yang sama dengan Toyota Etios, Kia Picanto, Suzuki Ignis, Chevrolet Spark dan Hyundai Grand i10. Tapi, dibanding teman-temannya, mobil yang diimpor dari Negeri Jiran tersebut memang tidak terlalu menonjol. Kecuali versi facelift terakhir yang mempunyai tampilan sporty untuk mobil perkotaan. Kelanjutan Daihatsu Sirion masih sama, serupa dengan kembarannya. Jadi, apabila nanti Perodua Myvi telah dijual di Malaysia, tinggal menunggu waktu yang pas bagi Astra Daihatsu Motor untuk memesan Myvi berlabel Sirion untuk Indonesia.

Banyak yang mengira desain Sirion akan memiliki kesamaan dengan Daihatsu Boon yang sudah lebih dulu dipasarkan di Negeri Sakura. Namun, perkiraan itu meleset karena Myvi atau Sirion mempunyai desain sendiri yang dirancang sepenuhnya oleh Perodua, terutama pada bagian interior dan body. Bersama dengan Daihatsu, Perodua kemudian mengubah total platform Myvi sebelumnya, sehingga menciptakan generasi baru dengan wheelbase lebih panjang 60 mm, menjadi 2.500 mm. Dimensinya pun membesar dengan panjang 3.895 mm dan lebar 1.735 mm. Menurut Perodua, Daihatsu Sirion 2018 menggunakan bahan baja high tensile yang lebih banyak 2,5 kali dari sebelumnya. Hal itu supaya struktur rangka dan body yang terbentuk lebih kuat. Pada bagian kaki, baik depan maupun belakang, Sirion dilengkapi dengan batang stabilizer yang lebih tebal. Selain itu, lengan ayun bagian depan lebih ringan dan struktur belakangnya sedikit lebih kaku.

Yang menarik dari Daihatsu Sirion 2018 adalah mesinnya. Daihatsu meninggalkan mesin lamanya, yaitu 1.300 cc dan beralih ke mesin 1.500 cc 2NR-VE Dual VVT-i yang merupakan kepunyaan Toyota Grand New Avanza. Mesinnya juga sudah dilengkapi dengan penggerak katup DOHC, yakni sistem pengatur pengapian untuk Dual VVT-i. Tenaga maksimalnya menunjukkan peningkatan 5 Ps dari sebelumnya yang hanya 95 Ps dengan torsi maksimal 121 Nm. Itu berarti, Sirion akan naik level di luar negeri, menyusul Nissan March dan Chevrolet Sparks. Jika ada beragam fitur yang dihadirkan Myvi, seperti 6 buah airbags, VSC, Advance Safety Assist, Pre-collision Warning, Front Departure Alert, rem otomatis di kecepatan rendah serta Pedal Misoperation Control. Daihatsu Sirion 2018 mungkin akan tetap menggunakan fitur yang sudah ada atau melakukan sedikit perubahan, mengingat levelnya sudah naik.
Di Malaysia sendiri, Perodua baru memasarkan Myvi dalam 5 varian. Harga yang ditawarkan mulai dari RM 44.300 atau sekitar 143,6 juta rupiah. Perihal kapan pastinya Sirion dirilis di Indonesia, belum ada informasi yang jelas. Tapi, sepertinya tahun depan generasi terbaru dari small hatchback itu akan menyapa pasar Indonesia. Siapkah Anda dengan kemunculan Daihatsu Sirion 2018?

Mungkin anda ingin baca