Daihatsu Masih Enggan Pakai Transmisi Matic CVT Di Indonesia

14/01/2018 Mobilmo.com Mobil baru

Transmisi matic atau otomatis saat ini menjadi salah satu pilihan wajib para produsen otomotif dalam negeri, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat atau lebih. Keinginan masyarakat yang menuntut kemudahan dalam mengoperasikan kendaraan membuat transmisi otomatis makin ngetrend dan jadi pilihan utama.

Transmisi matic atau otomatis saat ini menjadi salah satu pilihan wajib para produsen otomotif dalam negeri, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat atau lebih. Keinginan masyarakat yang menuntut kemudahan dalam mengoperasikan kendaraan membuat transmisi otomatis makin ngetrend dan jadi pilihan utama.

All New Terios

Hampir tiap produsen mobil sekarang sudah memiliki model yang dilengkapi pilihan transmisi matic. Tak melulu pada mobil-mobil kecil, produsen mobil komersil ukuran besar juga sudah mulai menawarkan produk andalannya bertransmisi matik. Seperti Hino yang beberapa bulan lalu meluncurkan truk dan bus transmisi matik. Baca : Meski menjadi trend, belum semua produsen menerapkan teknologi transmisi matic-nya dengan yang terbaru yaitu CVT atau Continous Variable Transmission. Salah satunya adalah Daihatsu. Belum ada satu pun model Daihatsu bertransmisi matic yang dipasarkan di Indonesia mengadopsi teknologi CVT padahal teknologi ini sudah diterapkan pada semua model matic Daihatsu di Jepang.

Daihatsu Tipe 1.2 R Deluxe

Menurut Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ada alasan tersendiri mengapa Daihatsu Indonesia belum mengimplementasikan transmisi CVT. Transmisi matic CVT saat dianggap masih cukup mahal untuk konsumen dalam negeri, walaupun tak tertutup kemungkinan bakal diadopsi pada model matic Daihatsu di masa mendatang. “Kami Juga ada nanti (di Indonesia), kalau di Jepang semua pakai CVT. Namun, jika ingin diterapkan untuk pasar di Indonesia harganya bagaimana cukup tidak, kemudian dari sisi kompetisi bagaimana,” tutur Amelia kepada media, Kamis 11/1/2018) lalu. Saat dikonfirmasi apakah Daihatsu Sirion terbaru yang sekarang lagi jadi pembicaraan hangat bakal menerapkan transmisi matic CVT, Amelia enggan memberikan penjelasan. Model city car dengan nama Perodua Myvi di Malaysia ini bakal dihadirkan di Indonesia Februari 2018 mendatang. Dengan desain dan performa yang hampir dipastikan sama, Sirion terbaru diharapkan bisa mengikuti jejak kesuksesan Perodua Myvi.

Daihatsu Sirion Transmisi Matic

Baca : Audi Tarantini selaku EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) ADM juga mengatakan hal senada yang intinya tidak mustahil bagi Daihatsu Indonesia menghadirkan model baru dengan transmisi matic CVT. Terlebih bila para kompetitor sudah menerapkannya pada model andalan masing-masing. Tapi untuk saat ini, rasa-rasanya belum sebab Daihatsu masih mempertimbangkan cost efficient. “Dari segi cost lebih efisien yang konsvensional, tapi untuk near future dengan perkembangan teknologi kompetitor yang kami perhatikan, jadi ada kemungkinan kesempatan untuk menggunakan CVT,” kata Audi.

Mungkin anda ingin baca

  • Model Keren Harga Kompetitif, Suzuki yakin All New Ertiga Bisa Laku 5.000 Unit Per Bulan

    Model Keren Harga Kompetitif, Suzuki yakin All New Ertiga Bisa Laku 5.000 Unit Per Bulan

    14/05/2018

    Harga generasi terbaru dari Ertiga, All New Ertiga yang diluncurkan di hari pertama pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat 19 April 2018 lalu memang baru saja dirilis tanggal 9 Mei 2018. Meski demikian, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang dibukukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah mencapai 1.284 unit.

  • Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

    Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

    10/05/2018

    Datsun Indonesia resmi menghadirkan varian baru Datsun Go bertransmisi matic Xtronic CVT (Continously Variable Transmission), Senin (7/5/2018). Menggenapi Datsun Go varian lama yang telah mengaspal sejak 2014 silam, Datsun Go CVT diharapkan bisa mendongkrak penjualan Datsun di Indonesia.

  • Datsun Ambil Keputusan Tidak Menempatkan Go CVT Di Segmen LCGC. Lho?

    Datsun Ambil Keputusan Tidak Menempatkan Go CVT Di Segmen LCGC. Lho?

    09/05/2018

    Varian terbaru Datsun Go dan Go+ resmi diluncurkan Datsun Indonesia, di Jakarta, Senin (7/5/2018). Keduanya hadir dengan perubahan cukup signifikan. Desain dibuat lebih stylish dan diklaim lebih menarik dari varian lainnya. Bagian kabin mengalami perubahan, makin nyaman dengan penambahan berbagai fitur. Khusus untuk Datsun Go hatchback, ada satu pilihan transmisi lagi yaitu otomatis CVT X-Tronic, dan Datsun tidak menempatkan varian Go CVT ini di segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah