Colt Diesel Jadi Kontributor Terbesar Mitsubishi Fuso

20/01/2018| Mobilmo.com

Mitsubishi Indonesia, yang dikelola oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM kendaraan penumpang dan niaga ringan serta PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk kendaraan truk dan bus sukses menorehkan hasil positif penjualan mobil di beberapa segmen tahun lalu. Selain Xpander yang bermain di segmen low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dan Pajero Sport yang bermain di segmen kendaraan penumpang Sport Utility Vehicle (SUV), Mitshubishi juga menorehkan hasil gemilang penjualan kendaraan niaga Fuso.

New Pajero Sport Exceed GLX - Tampak Belakang

Xpander terjual sebanyak 13.070 selama tahun 2017 dengan catatan pemesanan mencapai lebih dari 50 ribu unit. Pajero Sport terjual sebanyak 18.578 unit, naik dari tahun sebelumnya yang terjual sebanyak 18.292 unit. Kenaikan penjualan Pajero Sport diyakini menjadi indikasi kuat model ini bakal ambil alih posisi pemimpin pasar SUV yang selama ini dikuasai rivalnya, Toyota Fortuner. Baca : Sementara untuk kendaraan niaga Fuso, Mitsubishi menorehkan hasil yang sangat gemilang. Selama periode 12 bulan tahun 2017, Mitsubishi berhasil menjual Fuso sebanyak 42.319 unit. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau 2016 pada periode yang sama, angka ini naik sebesar 28 persen. Perolehan ini secara otomatis mempertahankan posisi Fuso untuk tetap kompetitif bersaing di segmen kendaraan niaga dalam negeri. Salah satu faktor penting yang mendukung peningkatan penjualan adalah meningkatnya pembangunan sektor infrastruktur serta tumbuhnya perekonomian di sektor perkebunan, utamanya kelapa sawit.

Mitsubishi Fuso Colt Diesel FE SHD-X 6.666 saat diluncurkan di pameran GIIAS 2016

"Proyek pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah sangat membantu. Ditambah lagi sektor perkebunan yang ikut menyumbangkan kenaikan signifikan," tutur Duljatmono, selaku Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam keterangan resminya kepada media, Jumat (19/1/2018). Faktor lain yang berperan pada peningkatan penjualan Fuso adalah pertumbuhan sektor logistik dan jasa angkut yang cukup stabil. "Pertumbuhan sektir ini cenderung stabil mengikuti pertumbuhan pasar. Namun sektor inilah yang menjadi penyumbang terbesar terhadap angka penjualan kami," sambung Momon, sapaan akrab Duljatmono. Kontribusi terbesar disumbangkan oleh produk Colt Diesel yang sukses terjual sebanyak 38.116 unit dan menguasai pasar segmen light duty truck sebesar 58 persen. Sedangkan untuk segmen medium dan heavy duty truck, Mitsubishi berhasil menjual sebanyak 4.203 unit dan meraih pangsa pasar sebesar 19 persen.

Colt Diesel FE SHDX

Di tahun 2018 ini, Mitsubishi Fuso segmen niaga bakal menghadirkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. "Untuk tahun ini kami akan melakukan banyak peningkatan segmen, salah satunya dengan mempersiapkan produk baru yang menyesuaikan kebutuhan pasar," sambung Momon.

International