Amazon dan GM Siapkan Mobil Listrik Pesaing Tesla

18/02/2019| Fatchur Sag

Popularitas Tesla sebagai merek mobil listrik nomor satu di dunia sukses menarik banyak pabrikan di dunia untuk turut menciptakan mobil listrik. Bahkan tidak hanya produsen mobil saja, perusahaan non-otomotif juga kepincut membuat dan menjual mobil listrik. Terbaru, perusahaan e-commerce Amazon kini tengah mempersiapkan mobil listrik yang berbeda dengan Tesla.

Foto logo khas Amazon

Amazon berinvestasi besar di industri otomotif dunia

Amazon menyerahkan rencana besar ini kepada perusahaan teknologi RIVIAN yang bermarkas di Plymouth, Michigan, Amerika Serikat dengan dana investasi sebesar $700 juta untuk jangka waktu 10 tahun. "Kami terinspirasi oleh visi Rivian untuk masa depan transportasi listrik," kata CEO Konsumen Amazon Worldwide Jeff Wilke dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari Motortrend, (15/2/2019) "RJ [Scaringe, CEO Rivian] telah membangun organisasi yang mengesankan, dengan portofolio produk dan teknologi yang sesuai. Kami sangat senang berinvestasi di perusahaan yang begitu inovatif."

>>> Penjualan Tesla Model 3 Desember 2018 Pecahkan Record Dunia

Untuk General Motors belum ada keterangan pasti soal nilai investasi yang bakal ditanam. Namun dikabarkan kerja sama RIVIAN dengan Amazon dan GM bakal meningkatkan nilai perusahaan menjadi $1 miliar hingga $2 miliar. "Kami mengagumi kontribusi Rivian terhadap masa depan tanpa emisi dan masa depan yang sepenuhnya listrik," hanya itu yang akan dikatakan GM dalam tanggapan yang disiapkan untuk laporan Reuters, (15/2/2019).

Selain Amazon yang sudah terkonfirmasi dan GM yang masih enggan diungkap, pendanaan juga datang dari investor lain seperti Abdul Latif Jameel Co (ALJ), Sumitomo Corp of Americas and Standard Chartered Bank. ALJ menyetujui ivestasi sebesar $500 juta, Sumitomo tidak mau disebutkan dan Standard Chartered berinvestasi sebesar $200 juta.

Apakah rencana besar ini bakal menuai kesuksesan sebagaimana Tesla? Layak untuk ditunggu.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Foto pabrik perakitan mobil listrik RIVIAN

Rencana besar Amazon menciptakan mobil listrik diserahkan kepada RIVIAN Automotive

Untuk diketahui, RIVIAN saat ini tengah merintis jalan menjadi pembuat mobil listrik pick up pertama di Amerika Serikat. Model pertamanya, yaitu R1T EV Truck telah diperkenalkan di pameran otomotif Los Angeles Auto Show November 2018 lalu. R1T dibekali 4 motor sistem yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 750 Hp dan torsi maksimum 14000 Nm. Mobil bisa menempuh jarak hingga 400 mil untuk sekali pengisian baterai penuh. Model keduanya adalah R1S EV SUV. Model ini juga dibekali 4 motor sistem dengan tenaga dan torsi maksimum sama dengan R1T.

Masih dalam tahap penyempurnaan, namun kedua mode mobil listrik tersebut sudah berstatus pre-order. R1T EV Truck dijual mulai $61,500 atau sekitar Rp 870 juta, sementara R1S EV SUV dijual mulai $65,000 atau sekitar Rp 920 juta. Mobil baru akan diproduksi tahun 2020. Meski demikian bagi yang minat memiliki salah satu dari dua model tersebut, pre-order dibuka dengan mahar $1,000.

>>> Honda Pamer Foto Interior Prototype Mobil Listrik Terbarunya Yang Sangat Menggoda

Foto mobil listrik RIVIAN R1T tampak dari samping depan

Foto RIVIAN R1S tampak dari samping depan

Mobil listrik RIVIAN R1T Truck dan R1S SUV dipamerkan di LA Auto Show 2018

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International