Ada Freed Generasi Baru, Honda Tak Tertarik Mendatangkan Ke Indonesia

24/10/2017| Mobilmo.com

Sudah lebih dari dua tahun atau sejak tahun 2015 Honda tidak memasarkan Freed di Indonesia. Alasan kurang begitu disukai oleh masyarakat jadi salah satu sebab PT. Honda Prospect Motor (HPM) menghentikan penjualan mobil boxy tersebut. Ya, konsep mobil kotak atau boxy memang kurang memiliki daya tarik bagi sebagian besar masyarakat. Setelah Freed berhenti dijual tahun 2015 dan Nissan Evalia dihentikan bulan Maret 2017, praktis tinggal tersisa Suzuki APV dan Daihatsu Luxio yang masih di jual di pasaran. Keduanya masih kuat bertahan meski penjualan tidak bagus-bagus amat. Kembali ke Honda Freed, meski di Indonesia sudah berhenti dipasarkan bukan berarti mobil ini tutup untuk pasar global. Di Jepang sudah muncul generasi terbaru Freed yang punya desain lebih keren dibanding model lama yang beredar. Meski begitu, tidak ada ketertarikan dari pihak HPM untuk menghadirkannya di pasar Indonesia.

Alasannya cukup masuk akal. Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT. HPM, Jonfis Fandy permintaan di pasar tidak begitu banyak. Minat masyarakat terhadap mobil model pintu geser sudah mulai bergeser ke model lain seperti Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda Mobilio Ketika ditanyakan tentang kemungkinan menghadirkan model baru yang sudah dijual di Jepang, Jonfis mengatakan belum ada rencana. “Masih belum ada rencana sampai sekarang ini, kemungkinan juga tidak akan dibawa lagi,” tutur Jonfis kepada media di kawasan Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa (24/10/2017). Selain alasan kurangnya minat masyarakat, dari sisi harga juga akan bentrok dengan model baru, HR-V dan BR-V. Menurut perhitungan Jonfis, Freed akan kalah mengingat dimensi kedua model tersebut lebih bisa mengakomodir kebutuhan konsumen lebih banyak. “Peralihan itu sudah terjadi sejak Freed masih dijual di Indonesia. Sekarang kami fokus menjual di segmen itu saja,” ucap Jonfis.

Freed generasi baru yang sudah dipasarkan di Jepang memiliki dua varian yaitu tiga baris kursi dengan kapasitas 6 – 7 penumpang dan Freed+ dua baris kursi dengan bagian paling belakang buat ruang penumpang berkebutuhan khusus.

Salah satu fitur yang diunggulkan pada Freed generasi baru ini adalah fleksibilitas. Kabinnya bisa disesuaikan sampai 16 posisi. Kursi penumpang dapat dilipat dan diselonjorkan seperti sleeping bed. Bisa juga diratakan seperti lantai agar bisa dipergunakan sesuai kebutuhan.

International