26 Tim Mahasiswa Indonesia Ikuti Lomba Irit BBM Di Sepang, Ada Yang Juara Lho!

03/05/2019 Abdul Event dan Pameran

Kabar gembira datang dari tim mahasiswa Indonesia yang sedang berada di Sepang, Malaysia. Pasalnya tim berhasil menjadi juara dalam lomba irit BBM Shell Eco-marathon. Pada lomba tersebut diikuti oleh mahasiswa Asia. Untuk konsumsi BBM mobil konsep yang dibuat mahasiswa Indonesia berada di atas 300 km/liter.

Juara pertama dalam lomba tersebut adalah ITS Team 2 (Sapuangin) yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Juara tersebut dalam kategori  UrbanConcept dengan rekor catatan jarak tempuhnya mencapai 395 km/liter dengan mengandalkan Internal Combustion Engine (bahan bakar mesin pembakaran dalam). Selanjutnya diikuti oleh 3 tim lainnya yang masih dari tim mahasiswa Indonesia yaitu Nogogeni ITS Team 1 dari ITS, ITS Team 5 dari ITS dan GARUDA UNY ECO TEAM dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Gambar ini menunjukkan persiapan lomba Shell Eco-marathon Asia

Ajang Shell Eco-marathon Asia terdapat 26 tim dari Indonesia

>>> Baca Juga, Mercedes-Benz Optimis Jadi Merek Mobil Mewah Nomor Satu di Indonesia

Sedangkan pada posisi ketiga diduduki oleh Bumi Siliwangi 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Sadewa dari Universitas Indonesia (UI). Tentunya hal ini sangat menggembirakan, karena nama Indonesia semakin bersinar terutama untuk mahasiswa yang ikut berpartisipasi di Sepang, Malaysia.

Jadi apabila melihat dari hasil yang dicapai oleh 6 tim dari Indonesia tersebut pada acara Shell Eco-marathon Asia. Maka 6 tim tersebut telah mempunyai kualifikasi untuk dapat mengikuti kompetisi yang lebih besar yakni Shell Eco-marathon Drivers' World Championship Qualifier. Setelah itu, jika dalam kompetisi tersebut lolos maka akan bisa mengikuti ajang yang lebih besar dan mendunia bersama dengan tim yang berasal dari Eropa dan Amerika. Ajang tersebut adalah Shell Eco-marathon Drivers' World Championship yang akan dilangsungkan pada tanggal 5 Juli 2019 di London.

Pada kompetisi yang diadakan di Sepang tersebut diikuti oleh 18 negara yang berada di kawasan Asia Pasifik dan juga Timur Tengah dengan lebih dari 100 tim mahasiswa. Untuk Indonesia yang ikut berpartisipasi adalah 20 universitas dengan 26 tim. Pada ajang Shell Eco-marathon Asia tersebut masing-masing mahasiswa akan melakukan kompetisi dengan melakukan pengujian pada mobil berkaitan dengan penggunaan bahan bakar paling sedikit tapi mempunyai jarak tempuh yang paling jauh.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar mobil UrbanConcept pada ajang Shell Eco-marathon Asia

No 501 merupakan tim Indonesia yang menjuarai lomba

Jadi untuk 26 tim mahasiswa Indonesia tersebut melakukan kompetisi dalam 2 kategori yakni Prototype dan UrbanConcept. Dengan  total 26 tim, 5 tim mahasiswa berkompetisi pada kategori Prototype dan 21 tim masuk pada kategori UrbanConcept. Mobil yang akan dilombakan benar-benar perlu diperhatikan segala sesuatunya, karena sebelum dapat berlomba dan mengikuti kompetisi terdapat 12 titik inspeksi teknis.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca